Penerapan model pembelajaran cooperative Script dengan Picture and picture untuk meningkatkan hasil beljar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA negeri 6 Malang / Windaniyah Sri Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative Script dengan Picture and picture untuk meningkatkan hasil beljar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA negeri 6 Malang / Windaniyah Sri Rahayu

Rahayu, Windaniyah Sri (2010) Penerapan model pembelajaran cooperative Script dengan Picture and picture untuk meningkatkan hasil beljar biologi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA negeri 6 Malang / Windaniyah Sri Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rahayu Sri Windaniyah. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dan Picture and picture untuk meningkatkan Hasil Belajar Biologi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang . Skripsi. Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. M.Noviar Darkuni M.Kes (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata kunci Cooperative Script Picture and picture hasil belajar biologi kemampuan berpikir kritis Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SMA Negeri 6 Malang diketahui bahwa KBM Biologi masih didominasi oleh guru dan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode ceramah sehingga siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran serta hasil belajarnya rendah. Rendahnya hasil belajar ini menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA Negeri 6 Malang cenderung rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran Cooperative Script dengan Picture and picture. Model Pembelajaran Cooperative Script membantu siswa untuk lebih aktif lebih bertanggung jawab memiliki kemampuan berpendapat menarik kesimpulan dan meningkatkan daya ingat. Sedangkan model pembelajaran Picture and picture membantu siswa untuk lebih teliti dan memberikan gambaran yang nyata tentang materi yang dipelajari sehingga bisa meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) Sebagai upaya peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malangmelalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan picture and picture (2) Sebagai upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Malang melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan Picture and picture. Penelitian ini merupakan PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subyek penelitian adalah siswa XI IPA 3 dengan jumlah siswa 27 orang. Sumber data pada penelitian ini adalah nilai pretes nilai tes akhir siklus I dan II hasil analisis jawaban siswa pada tes kemampuan afektif dan keterlaksanaan tindakan guru. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 17 32 pada siklus I dan II terjadi peningkatan kemampuan afektif sebesar 2 59 peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 27 19 dan peningkatan keterlaksanaan tindakan guru sebesar 0 955. Kesimpulan yang diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Cooperatif script dengan Picture and Picture meningkatkan hasil relajar dan kemampuan berpikir iritis. Dari hasil penelitian disarankan perlu adanya penerapan dan pengembangan model pembelajaran Cooperative Script dengan Picture and picture sebagai salah satu model alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26193

Actions (login required)

View Item View Item