Konflik tertutup transportasi online grab bike di kawasan kota malang / Jantera Mikhnakufi Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Konflik tertutup transportasi online grab bike di kawasan kota malang / Jantera Mikhnakufi Firmansyah

Firmansyah, Jantera Mikhnakufi (2020) Konflik tertutup transportasi online grab bike di kawasan kota malang / Jantera Mikhnakufi Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKMikhnakufi F. Jantera. 2020. Konflik Tertutup Transportasi Online Grab Bike di Kawasan Kota Malang. Skripsi Jurusan Sosiologi Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Nur Hadi M.Pd. M.Si. Kata Kunci Transportasi Online Konflik Perubahan Transportasi merupakan unsur penting dalam kehidupan sehari-hari dan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas kehidupan masyarakat di Indonesia. Transportasi memberika kemudahan bagi mobilitas masyarakat untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Di tengah perkembangan teknologi dan informasi transportasi online yang berbasis inovasi teknologi dan informasi dalam jaringan (daring) cukup diminati oleh kalangan masyarakat karena dinilai murah dan praktis. Fenomena awal munculnya transportasi berbasis online menyebabkan terjadinya konflik dengan pengemudi angkutan umum konvensional. Persaingan yang cukup sengit antara transportasi online dengan angkutan umum konvesional telah melalui perjalanan yang panjang hingga bisa diterima oleh kalangan angkutan umum konvensional dengan mengalami banyak solusi atas konflik yang terjadi. Seiring berjalanannya waktu saat konflik antara transportasi online dengan angkutan umum konvensional mulai surut muncul konflik baru yang terjadi antar sesama driver transportasi online. Konflik yang cukup tertutup ini terjadi karena adanya perubahan kebijakan terkait pemberlakuan insentif.Rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Apa saja faktor penyebab konflik tertutup pada mitra grab bike di kawasan Kota Malang. (2) Bagaimana dampak konflik tertutup terhadap mitra grab bike Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi dengan prosedur pengumpulan data dengan observasi wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori konflik Lewis A. Coser (1964 38) membedakan konflik menjadi realistis dan non-realistis. Hasil dari penelitian ini adalah (1) konflik tertutup sesama mitra grab terjadi karena tujuan yang berbeda komunikasi yang tidak baik beragam karakteristik sistem sosial pribadi orang kebutuhan perasaan dan emosi. (2) dampak positif solidaritas mitra grab semakin tinggi dampak negatif tidak bisa memanajemen konflik dengan baik maka akan timbul perasaan curiga. Saran dalam penelitian ini adalah (1) bagi jurusan sosiologi agar terus mengkaji penelitian terkait konflik khusunya konflik tertutup yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat. (2) bagi mitra grab hendaknya berinteraksi secara sehat tanpa adanya persaingan yang saling mencurigai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sosiologi > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261910

Actions (login required)

View Item View Item