Pengaruh Konsep Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Konsep Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang

Berlianti, Alvinna (2022) Pengaruh Konsep Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat minat mahasiswa program studi pendidikan sangat penting untuk diperhatikan. Tingkat minat yang rendah terhadap profesi guru dapat menyebabkan kualitas mahasiswa sebagai calon guru menjadi rendah dan berdampak pada pembentuk kompetensi guru menjadi kurang maksimal. Minat menjadi guru tidak terbentuk begitu saja dalam diri seseorang, melainkan dipengaruhi oleh dua fakor yaitu faktor dari dalam seperti konsep diri dan faktor dari luar seperti lingkungan keluarga. Dengan mengkonsepkan dirinya, seseorang dapat mengetahui kemampuan dan potensinya untuk menimbulkan minat dalam diri. Lingkungan keluarga memberikan stimulus bagi kehidupan, pertumbuhan dan perkembangan yang akan menentukan respon seseorang, seperti dalam menentukan profesi yang akan dijalankan dan minat yang akan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap minat menjadi guru, pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru, dan pengaruh konsep diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang yang sudah menempuh Kajian Praktik Lapangan (KPL) dan belum lulus. Sampel yang diambil sebanyak 83 mahasiswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data memakai bantuan software SPSS 25.0 untuk uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri mahasiswa memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat menajadi guru dengan koefisien regresi 0,384 dan sig 0,001 < 0,05. Lingkungan keluarga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru degan nilai koefisien regresi sebesar 0,570 dan sig 0,000 < 0,05. Secara simultan konsep diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang dengan pengaruh sebesar 50,7%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:41
Last Modified: 16 Nov 2022 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item View Item