Morfologi ikan gatul (Poecillia sp.) yang hidup di air panas dan air dingin / Berna Vricca Yonandre - Repositori Universitas Negeri Malang

Morfologi ikan gatul (Poecillia sp.) yang hidup di air panas dan air dingin / Berna Vricca Yonandre

Yonandre, Berna Vricca (2010) Morfologi ikan gatul (Poecillia sp.) yang hidup di air panas dan air dingin / Berna Vricca Yonandre. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ikan gatul merupakan anggota famili Poecilidae yang berukuran kecil. Jantan dan betina dewasa mudah dibedakan baik dari ukuran dan bentuk tubuhnya maupun dari warnanya (dimorfisme seksual). Ikan jantan anggota Poecilidae lebih kecil dari ikan betinanya ukuran tubuhnya sekitar 2 3 cm Panjang total tubuh ikan betina anggota Poecilidae beragam dari 2 cm (Poecilia wingei) sampai 7 cm (Xyphoporus sp.) sementara itu Poecilia yang ditemukan di lingkungan perairan yang hidup di lingkungan FMIPA UM memiliki panjang rata-rata 2 46 0 27 cm. Ikan jantan memiliki warna-warni yang cemerlang dan amat bervariasi terutama pada ikan hibrida. Ikan gatul liar warnanya lebih sederhana meski jantannya tetap berwarna-warni dengan dua buah bintik hitam seperti mata di sisi badan yang satu di bawah sirip punggung dan yang lainnya di atas sirip anal Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif. Sampel penelitian adalah ikan Gatul dewasa jantan dan betina yang hidup di aliran sungai di daerah Songgoriti (30 C) dan jalan raya Beji-Batu(29 C) sebagai suhu air panas sedangkan untuk suhu air dingin adalah ikan yang hidup di aliran sungai jalan raya Punten kecamatan Sidomulyo (22 6 C) dan jalan Kuwir-Batu (23 7 C) masing-masing 25 ekor. Aspek-aspek morfologi yang diteliti meliputi panjang tubuh pola warna tubuh pola warna sirip ekor jantan tipe sirip ekor jumlah jari-jari sirip punggung dan sistem modifikasi sirip anal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panjang tubuh ikan jantan Songgoriti berukuran 1 91 0 17 cm betina berukuran 2 82 0 54 cm. Panjang tubuh ikan jantan daerah Beji berukuran 1 80 0 17 cm betina berukuran 2 5 0 34 cm. Panjang tubuh ikan jantan Punten berukuran 1 90 0 19 cm betina berukuran 2 4 0 14 cm. Panjang tubuh ikan jantan Kuwir berukuran 1 8 0 21 cm betina berukuran 2 4 0 21 cm .Jumlah jari-jari sirip punggung ikan berjumlah 6-7 tipe sirip ekor adalah tipe rounded tipe meruncing dibagian medial dan meruncing dibagian dorsal. Pola warna tubuh ikan di air panas dan air dingin terdapat pigmen melanofor xantofor dan iridofor. Pola warna sirip ekor pada ikan gatul air panas memiliki pigmen melanofor xantofor iridofor dan leukofor sedangkan pada ikan gatul air dingin tidak mempunyai pigmen leukofor. Spot pada ikan jantan air panas berjumlah 2-3 sedangkan spot pada sebagian ikan jantan air dingin berjumlah 4-5 dan ada yang tidak mempunyai spot sama sekali. Sirip anal pada ikan jantan air panas dan air dingin yang mengalami modifikasi adalah jari-jari ketiga sedangkan yang betina tidak mengalami modifikasi. Karakter spesifik yang dimiliki oleh ikan Gatul yaitu memiliki gonopodium pada ikan jantannya dan pada ikan betina bunting dan melahirkan (Live-bearers).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26188

Actions (login required)

View Item View Item