Proses pigmentasi sirip kaudal ikan guppy (Poecilia reticulata) selama regenerasi / Nur Azizah Dimyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses pigmentasi sirip kaudal ikan guppy (Poecilia reticulata) selama regenerasi / Nur Azizah Dimyati

Dimyati, Nur Azizah (2010) Proses pigmentasi sirip kaudal ikan guppy (Poecilia reticulata) selama regenerasi / Nur Azizah Dimyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizah. 2010. Proses Pigmentasi Sirip kaudal Ikan Guppy (Poecilia reticulata) Selama Regenerasi. Skripsi program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc (II) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. Kata kunci Pigmentasi Poecilia reticulata Sirip kaudal Ikan Guppy (Poecilia reticulata) juga dikenal sebagai millionfish merupakan bagian kecil dari famili Poeciliidae. Ikan Guppy merupakan salah satu spesies ikan air tawar yang paling populer di dunia. Panjang ikan betina 4-6 cm dan ikan jantan 2 4 cm. Ikan Guppy adalah ikan yang mudah dan cepat sekali berkembang biak. Ikan Guppy juga pernah digunakan sebagai alat untuk membasmi jentik nyamuk malaria sehingga terbukti efektif untuk meredam perkembangan malaria. Keindahan ikan Guppy memberikan warna yang khas sebagai ikan hias. Ekornya lebar dan corak tubuhnya yang variatif. Warna ikan Guppy dapat dibedakan dari warna mata warna tubuh bagian depan warna tubuh bagian belakang warna sirip ekor (caudal) sirip punggung (dorsal) dan warna kombinasinya. Pola warna tubuh ikan jantan lebih bervariasi daripada ikan betina. Ikan Guppy satu spesies dengan ikan Gatul (Poecilia sp.) ikan Moli (Poecilia latipinna) ikan Moli hitam (Poecilia sphenops) ikan ekor-pedang (Xiphoporus helleri) serta ikan Platis (Xiphopous maculatus) yang juga merupakan kelompok Livebearers. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Sampel penelitian ini adalah 10 ikan Guppy (Poecilia reticulata) jantan dewasa. Data perkembangan proses pigmentasi direkam dengan kamera digital di bawah mikroskop cahaya. Hasil pengamatan dicatat. Data foto disusun berurutan berdasarkan hari mulai dari hari pemotongan sampai dengan hari ke 115. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa proses pigmentasi ikan Guppy memiliki beberapa tahap yaitu penyembuhan luka setelah pemotongan reduksi kromatofor migrasi awal kromatofor oleh melanofor proliferasi dan pembesaran ukuran kromatofor dan pembentukan kromatofor hingga membentuk pola warna pada sirip kaudal ikan Guppy. Dari data tersebut menunjukkan adanya salah satu kromatofor yang sama dengan manusia serta beberapa kromatofor yang dimiliki ikan Guppy (Poecilia reticulata).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

View Item View Item