Proses regenerasi sirip kaudal ikan guppy ( Poecilia reticulata ) / Mazidatul Faizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses regenerasi sirip kaudal ikan guppy ( Poecilia reticulata ) / Mazidatul Faizah

Faizah, Mazidatul (2010) Proses regenerasi sirip kaudal ikan guppy ( Poecilia reticulata ) / Mazidatul Faizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faizah Mazidatul. 2010. Proses Regenerasi Sirip Kaudal Ikan Guppy (Poecilia reticulata). Skripsi program Studi Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. H. Abdul Gofur M.Si. (II) Dra. Dwi Listyorini M.Si. D.Sc. Kata kunci Regenerasi Poecilia reticulata Sirip kaudal Ikan Guppy (Poecilia reticulata) termasuk di dalam famili Poecilidae. Ikan Guppy (Poecilia reticula) adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang mempunyai sirip ekor panjang yang beraneka ragam dan tidak membahayakan sehingga menyebabkan ikan ini populer di dunia. Ikan ini termasuk ikan liar yang biasanya hidup di parit-parit atau selokan karena ikan ini mudah menyesuaikan diri dan berkembang biak memungkinkan ikan ini dapat dipelihara secara ex-situ di laboratorium dan dapat digunakan sebagai hewan model dalam ilmu Biologi. Sirip kaudal ikan Guppy mudah tumbuh setelah mengalami luka atau terpotong Oleh sebab itu diperlukan pengetahuan tentang keberhasilan proses regenerasi ikan Guppy ini. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif. Obyek penelitian ini adalah ikan Guppy (Poecilia reticulata) jantan dewasa umur 2-3 bulan dengan ciri-ciri panjang standart 2 5- 4 cm. Organ yang digunakan dalam penelitian ini adalah sirip kaudal ikan Guppy yang dipotong secara simetris ke arah vertikal pada setengah panjang sirip kaudal Guppy diamati proses regenerasinya dan setiap tahap-tahap perubahan yang terjadi pengamatan dengan menggunakan mikroskop cahaya dan difoto dengan kamera digital. Data dari hasil penelitian disusun secara berurutan mulai dari awal pemotongan sampai terlihatnya proses regenerasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses regenerasi sirip kaudal ikan Guppy terjadi beberapa tahap yaitu penutupan luka (wound healing) pembentukan blastema (blastema formation) deferensiasi dan proliferasi serta pertumbuhan regeneratif (regenerative outgrowth) Dari data tersebut menunjukkan bahwa ikan Guppy (Poecilia reticulata) mengalami regenerasi secara ephimorphosis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26180

Actions (login required)

View Item View Item