Kecacatan spermatosit primer dan spermatid akibat pemberian vinkristin / Umi Naifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kecacatan spermatosit primer dan spermatid akibat pemberian vinkristin / Umi Naifah

Naifah, Umi (2010) Kecacatan spermatosit primer dan spermatid akibat pemberian vinkristin / Umi Naifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Vinkristin adalah salah satu jenis vinkaalkaloid yang sering digunakan dalam engendalian pertumbuhan sel kanker. Senyawa ini mempunyai fungsi yang sama dengan kolkhisin yaitu mengganggu dinamika mikrotubul yaitu polimerisasi dan depolimerisasi dengan cara mengikat tubulin 946 . Gangguan tersebut menyebabkan penghambatan pemisahan kromosom pada mitosis akibatnya menghambat pembelahan sel selanjutnya.Vinkristin terdapat di seluruh bagian tanaman tapak dara (Catharanthus roseus). Tanaman ini banyak tumbuh liar di Indonesia. Pada penelitian terdahulu melaporkan bahwa vinkristin 0 005% memperlambat pembelahan sel spermatosit primer dan memperlambat pergerakan kromosom. Vinkristin 0 005% cenderung menyebabkan kegagalan sitokinesis dan berpotensi menyebabkan kecacatan sel. Tujuan penelitian adalah mengetahui jenis kecacatan yang ditimbulkan oleh vinkristin. Untuk mengetahui jenis kecacatan sel maka lobus belalang direndam didalam larutan vinkristin 0 005% dalam larutan Carlson 0 9x selama 10 menit dan 15 menit kontrol direndam dalam larutan Carlson 0 9x selama 0 menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa vinkristin menyebabkan ingresi membran tidak pada tengah sel ingresi membran tidak sejajar ingresi membran yang tidak bersamaan sel yang membesar multi-sitokinesis bi/multinukleus sel kerusakan membran sel multiple-cleavage-furrow dan multi-spermatid. Perendaman testikel selama 10 dan 15 menit menyebabkan banyak kecacatan sel spermatosit primer dan spermatid. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa vinkristin 0 005% dalam larutan Carlson 0 9x menyebabkan beberapa kecacatan sel.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26178

Actions (login required)

View Item View Item