Kekerabatan tumbuhan pandanaceae di pantai selatan Malang berdasarkan variasi morfologi vegetatif / Nina Khusnah - Repositori Universitas Negeri Malang

Kekerabatan tumbuhan pandanaceae di pantai selatan Malang berdasarkan variasi morfologi vegetatif / Nina Khusnah

Khusnah, Nina (2010) Kekerabatan tumbuhan pandanaceae di pantai selatan Malang berdasarkan variasi morfologi vegetatif / Nina Khusnah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khusnah Nina. 2009. Kekerabatan Tumbuhan Pandanaceae di Pantai Selatan Malang Berdasarkan Variasi Morfologi Vegetatif. Skripsi. Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Eko Sri Sulasmi M.S. (II) Dra. Murni Saptasari M.Si. Kata kunci Pandanaceae morfologi vegetatif kekerabatan Suku Pandanaceae merupakan salah satu suku tumbuhan monokotil yang hidup di kawasan tropika termasuk Indonesia dan memiliki kisaran habitat yang luas. Secara tradisional tumbuhan pandan digunakan untuk berbagai macam keperluan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi di beberapa Pantai Selatan Kabupaten Malang pada bulan Desember 2007 ditemukan kondisi lingkungan pantai yang bervariasi dan hampir selalu dijumpai tumbuhan pandan dengan variasi morfologinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis pandan yang ditemukan di Pantai Selatan Kabupaten Malang dan hubungan kekerabatannya berdasarkan variasi morfologi vegetatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Kegiatan penelitian dilakukan pada bulan Pebruari - Desember 2008. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua tumbuhan Pandanaceae di Pantai Selatan Kabupaten Malang sedangkan sampel yang diteliti adalah tumbuhan Pandanaceae yang terdapat di beberapa daerah Pantai Selatan Malang yang meliputi Pantai Ngliyep Balekambang Sendangbiru Jonggring Salaka Kondang Merak dan Bajulmati. Pengambilan sampel dilakukan secara jelajah bebas. Data hasil penelitian berupa 81 karakter morfologi vegetatif tumbuhan Pandanaceae yang kemudian dianalisis menggunakan analisis cluster (pengelompokan) untuk menentukan hubungan kekerabatannya. Hasil penelitian yang dilakukan di enam Pantai Selatan Malang menunjukkan bahwa terdapat tujuh variasi tumbuhan pandan yang tergolong 3 jenis yakni P. odoratissimus dengan empat variasi P. labyrinthicus dengan dua variasi dan P. amaryllifolius hanya satu variasi dan kesemuanya adalah anggota marga Pandanus. Ciri-ciri morfologi yang dapat dijadikan karakter pada tumbuhan Pandanaceae di Pantai Selatan Malang antara lain perawakan warna akar diameter akar arah tumbuh batang warna batang diameter batang panjang dan lebar daun ujung daun warna daun serta tipe dan kerapatan duri pada helai daun. P. odoratissimus 2 dengan P. odoratissimus 3 memiliki hubungan kekerabatan yang paling dekat (nilai koefisien asosiasi sebesar 0 733) sedangkan P. amaryllifolius dengan P. odoratissimus maupun P. labyrinthicus memiliki hubungan kekerabatan yang jauh (nilai koefisien sosiasi sebesar 0 183). Untuk memastikan kedudukan takson dari jenis-jenis pandan diperlukan berbagai bukti pendukung antara lain dari ciri morfologi alat kelamin dan ciri anatomi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item