Pengembangan media exploding box pada materi masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan hindu buddha di indonesia kelas x smk widyagama malang / Anas Amirul Muslimin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media exploding box pada materi masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan hindu buddha di indonesia kelas x smk widyagama malang / Anas Amirul Muslimin

Muslimin, Anas Amirul Muslimin (2021) Pengembangan media exploding box pada materi masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan hindu buddha di indonesia kelas x smk widyagama malang / Anas Amirul Muslimin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Muslimin Anas Amirul. 2020. Pengembangan Media Exploding Box Pada Materi Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu Buddha di Indonesia Kelas X SMK Widyagama Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Program Studi S1 Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Ari Sapto M.Hum Kata Kunci Media Pembelajaran Media Exploding Box Matapelajaran Sejarah. Media pembelajaran merupakan hal penting dalam kegiatan belajar mengajar media pembelajaran selain digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan menggunakan media yang interaktif dapat menarik minat dan perhatian dari peserta didik pada materi pembelajaran. Media pembelajaran sendiri digunakan untuk menyalurkan pesan dan merangsang peserta didik untuk menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru. Jenis-jenis media pembelajaran juga beraneka ragam media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi empat yakni media grafis media proyeksi penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran dan media tiga dimensi. Salah satu media tiga dimensi adalah media exploding box. Media Exploding Box ini merupakan kotak dengan empat sisi yang diisi dengan materi pelajaran. Materi yang akan dijadikan media ini adalah proses masuk dan berkembangya Hindu-Budha di Indonesia. Penerapan media exploding box pada pembelajaran sejarah adalah dengan mengisi kotak tersebut dengan materi pelajaran sejarah. Kotak tersebut dibuka ditarik dan dilipat sesuai kebutuhan. Untuk pembuatan exploding box ini menggunakan bahan dasar berupa kertas karton Tujuan penelitian dan pengembangan ini untuk mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan media exploding box dalam bentuk tiga dimensi dengan mata pelajaran sejarah materi proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini menggunakan model prosedural dari Sugiyono yaitu (1) Potensi dan masalah (2) Pengumpulan data (3) Desain produk (4) Validasi desain (5) Revisi desain. Data yang diperoleh dari hasil validasi oleh ahli materi ahli media digunakan sebagai alat ukur tingkat keefektivitasan produk. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dengan cara mengubah data kuantitatif menjadi bentuk presentase. Data selanjutnya diinterpretasikan menjadi kalimat yang bersifat deskriptif. Hasil validasi ahli materi dan ahli media mendapatkan presentase sebesar 87 5% dan 87 5% berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan dari penelitian dan pengembangan dengan menggunakan media exploding box dengan materi pokok proses masuk dan berkembangnya Hindu-Buddha di Indonesia ini valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261727

Actions (login required)

View Item View Item