Afandi, M Rizqi (2021) Pemanfaatan media sosial line berbasis selfbot (line@) untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas x ipa 2 man kediri 1 / M Rizqi Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Afandi M Rizqi. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Line Berbasis Selfbot (Line ) Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah Di Kelas X IPA 2 MAN Kediri I. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Marsudi M. Hum. Kata Kunci media sosial pembelajaran sejarah keaktifan belajar Pemanfaatan media sosial Line dilatarbelakangi adanya temuan peserta didik komunikasi yang terjadi di dalam kelas didominasi oleh guru aktifitas peserta didik di dalam kelas terlihat kurang berminat dengan pelajaran sejarah. Pembelajaran yang diajarkan yang terpaku dengan ceramah kurang nya pemanfaatan media pembelajaran permasalahan lain yang terjadi adalah kurangnya keaktifan peserta didik dalam mata pelajaran sejarah salah satu contoh keaktifan tersebut adalah ketika guru memberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan pendapatnya peserta didik tidak ada yang memberikan pertanyaan maupun menyampaikan pendapatnya. Pemanfaatan media sosial Line ini didasarkan pada kenyataan bahwa keaktifan pembelajaran peserta didik masih kurang. Sebagai media sosial yang digunakan banyak massa media sosial telah membuat hubungan setiap orang kelompok maupun komunitas menjadi lebih mudah. Media digunakan sebagai alat komunikasi dalam kegiatan pembelajaran contohnya digunakan untuk mengeksplorasi pengetahuan dan mengembangkan ide atau pemikiran peserta didik. Sebagian besar guru masih menggunakan media pembelajaran yang bisa dibilang gaya lama guru tidak membuat inovasi atau perbaikan dalam penggunaan media. Indikator yang digunakan mengacu kepada Paul B. Diedrich yang bersifat terbuka yaitu (1) visual activities (2) oral acivities (3) listening activities (4) writting activities. Tahapan penelitian tindakan kelas yang diterapkan mengacu kepada model Lewin yang ditafsirkan oleh Kemmis dimulai dari (1) gagasan awal (2) reconnaissance (3) rencana umum (4) implementasi (siklus 1) (5) evaluasi (6) perbaikan rencana (7) implementasi (siklus 2) (8) evaluasi. Menurut analisis data yang diperoleh keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media sosial Line berbasis Selfbot (Line ) mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dari 81 2% menjadi 87 2% yang artinya terdapat peningkatan sebesar 6%. Antara siklus I dan siklus II terdapat kenaikan nilai keaktifan klasikal dimana pada siklus I hanya mencapai 50% dan pada siklus II meningkat menjadi 75% terdapat peningkatan sebesar 25%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial Line berbasis Selfbot (Line ) telah berhasil dan dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik Kelas X IPA 2 MAN Kediri I.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/261725 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |