Penanaman nilai patriotisme pada siswa melalui tarian caci dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas xi SMAK ST. Ignatius Loyola / Yohanes Iwano Jehaut Masang - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanaman nilai patriotisme pada siswa melalui tarian caci dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas xi SMAK ST. Ignatius Loyola / Yohanes Iwano Jehaut Masang

Masang, Yohanes Iwano Jehaut (2022) Penanaman nilai patriotisme pada siswa melalui tarian caci dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas xi SMAK ST. Ignatius Loyola / Yohanes Iwano Jehaut Masang. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilai patriotisme merupakan semangat cinta tanah air atau sikap seseorang yang rela mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. Nilai patriotisme meliputi sikap bangga akan pencapaian bangsa bangga akan budaya bangsa adanya keinginan untuk memelihara ciri-ciri bangsa dan latar belakang budaya bangsa. Nilai patriotisme perlu ditegakkan karena melatih kita untuk berani dalam bertindak sebab kebudayaan bangsa Indonesia cenderung kurang disukai anak-anak karena kebudayaan Indonesia dianggap sebagai kebudayaan kuno atau tradisional dan dilain sisi anak zaman sekarang lebih menyukai kebudayaan-kebudayaan asing yang masuk ke bangsa ini sehingga kebudayaan Indonesia perlahan-lahan menghilang. Berdasarkan observasi dan wawancara di salah satu sekolah di Provinsi NTT yaitu SMAK St. Ignatius Loyola diketahui bahwa siswa kelas XI SMAK St. Ignatius Loyola kurang memiliki nilai patriotisme sehingga guru melakukan upaya dalam menanamkan nilai patriotisme. Upaya guru dalam menanamkan nilai patriotisme pada siswa adalah melalui tarian caci yang dimasukkan dalam pembelajaran sejarah Indonesia dan disesuaikan dengan KD 3.10 pada pembelajaran sejarah. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai patriotisme pada siswa melalui budaya tarian caci dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan (1) nilai patriotisme siswa melalui tarian caci dalam pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI SMAK St. Ignatius Loyola (2) bentuk penanaman nilai patriotisme pada siswa melalui tarian caci dalam pembelajaran sejarah Indonesia di kelas XI SMAK St. Ignatius Loyola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dalam mencari data dari informan yang terdiri dari guru dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan (3) metode yaitu Wawancara Angket dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Mengacu pada analisis tersebut maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Pertama nilai patriotisme siswa kelas XI SMAK St. Ignatius Loyola melalui tarian caci dalam pembelajaran sejarah Indonesia sudah sangat baik khususnya pada indikator keberanian yang berarti siswa mampu bersikap berani dan percaya diri dalam hal berpendapat dan membuat keputusan. Kedua bentuk penanaman nilai patriotisme pada siswa melalui tarian caci dalam pembelajaran sejarah Indonesia di SMAK St. Ignatius Loyola sudah berjalan maksimal walaupun masih terdapat beberapa sarana dan prasarana sekolah yang masih kurang lengkap seperti gendang larik/kalus dan kostum penari caci. Dari penelitian ini disarankan agar (1) Bagi siswa hendaknya terus meningkatkan nilai patriotisme seperti aspek keberanian kesetiaan rela berkorban dan cinta tanah air yang dapat dilakukan baik di lingkungan sekolah keluarga maupun masyarakat. (2) Bagi pihak sekolah hendaknya terus melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang pelaksanaan penanaman nilai patriotisme baik melalui kegiatan di dalam pembelajaran seperti tarian caci maupun di luar pembelajaran sehingga budaya daerah manggarai tidak luntur atau dilupakan bagi kaum-kaum muda. (3) Bagi lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga siswa hendaknya dapat berkoordinasi dalam pelaksanaan penanaman nilai patriotisme melalui tarian caci seperti mendukung kelengkapan sarana dan prasarana sekolah yang kurang lengkap.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261716

Actions (login required)

View Item View Item