Pengembangan media pembelajaran sejarah History Audio Podcast (histodio) pada materi peperangan masa Kerajaan Majapahit untuk Siswa Kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Pgri 2 Malang / Anggyyansyah Yusuf Mustaghfirin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran sejarah History Audio Podcast (histodio) pada materi peperangan masa Kerajaan Majapahit untuk Siswa Kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Pgri 2 Malang / Anggyyansyah Yusuf Mustaghfirin

Mustaghfirin, Anggyyansyah Yusuf (2021) Pengembangan media pembelajaran sejarah History Audio Podcast (histodio) pada materi peperangan masa Kerajaan Majapahit untuk Siswa Kelas X otomatisasi tata kelola perkantoran SMK Pgri 2 Malang / Anggyyansyah Yusuf Mustaghfirin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mustaghfirin Anggyyansyah Yusuf. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah History Audio Podcast (Histodio) Pada Materi Peperangan Masa Kerajaan Majapahit Untuk Siswa Kelas X Otomatisasi Tata Perkantoran SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Blasius Suprapta M.Hum Ulfatun Nafi rsquo ah M.Pd. Kata kunci media pembelajaran Histodio pembelajaran sejarah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran sejarah yang belum banyak memanfaatkan variasi media pembelajaran. Berdasarkan kondisi pembelajaran sejarah di SMK PGRI 2 Malang dapat diketahui bahwa kurikulum matapelajaran di SMK yang hanya diajarkan di Kelas X membuat guru tidak dapat menggunakan variasi media pembelajaran dalam proses pembelajaran sejarah. Selain itu keterbatasan jumlah buku paket sejarah juga berpengaruh terhadap keberlangsungan pembelajaran sejarah di sekolah. Sehingga peneliti ingin mengembangkan media Histodio yang dapat digunakan sebagai alternatif media belajar sejarah. Pemilihan materi Peperangan Masa Kerajaan Majapahit sendiri didasari oleh hasil observasi dan wawancara guru yang memperlihatkan bahwa cakupan materi Sejarah Indonesia masa Hindu-Budha yang luas membuat penyampaian materi kurang mendalam. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan media pembelajaran Histodio dengan melalui uji kelayakan media. Penelitian ini menggunakan model prosedural ADDIE oleh Tegeh dkk. Alasan pemilihan model ADDIE karena memungkinkan peneliti melakukan evaluasi pada setiap tahap penelitian. Tahapan penelitian ADDIE meliputi (1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Instrumen penelitian kuantitatif amp kualitatif yaitu data validasi ahli materi dan ahli media serta instrumen kualitatif dalam bentuk hasil observasi lapangan angket online dan wawancara . Tahap validasi materi dan media dilakukan oleh Drs Ismail Lutfi M.A selaku Ahli materi dan Mochammad Nurfahrul Lukmanul Khakim M.Pd selaku Ahli media yang merupakan Dosen Jurusan Sejarah Universitas Negeri Malang. Hasil validasi produk media pembelajaran Histodio menunjukkan persentase sebesar 76 9% untuk validasi materi dan 95% hasil validasi media. Adapun saran dari validator materi dan validator media adalah untuk merevisi gambar dan deskripsi materi yang digunakan. Setelah melalui revisi produk hasil validasi menunjukkan kesimpulan bahwa media yang dikembangkan adalah valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran sejarah. Peneliti berharap agar media pembelajaran Histodio dapat digunakan dan menjadi rujukan pengembangan media pembelajaran sejarah di masa depan. Saran pengembangan lebih lanjut agar dapat melakukan uji coba di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261715

Actions (login required)

View Item View Item