Pengembangan Modul Kontrol Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Modul Kontrol Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling

Febriana, Davy (2022) Pengembangan Modul Kontrol Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa SMP Negeri 21 Malang. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebiasaan bermain game online dengan intensitas waktu yang berlebihan dapat membuat individu mengalami kecanduan game online. Kecanduan game online merupakan salah satu fenomena yang banyak dijumpai pada masa sekarang. Dengan adanya fenomena tersebut, maka diperlukanlah kontrol diri yang baik agar individu dapat mengendalikan, mengarahkan, membimbing, serta mengatur perilaku dalam bermain game online. Hasil studi pendahuluan, menunjukkan tingkat kecanduan game online pada siswa SMP Negeri 21 Malang mencapai 41% yakni sebanyak 27 siswa mengalami kecanduan game online kategori sedang hingga tinggi. Konselor sekolah memerlukan media yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar dan latihan untuk membantu mengatasi kecanduan game online pada siswa. Tujuan penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa modul kontrol diri untuk mengurangi kecanduan game online pada siswa SMP Negeri 21 Malang yang memenuhi kriteria berdasarkan aspek keberterimaan (ketepatan, kegunaan, kemenarikan, dan kemudahan) dari segi materi dan tampilan. Produk yang dikembangkan berupa modul kontrol diri kecanduan game online. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Reaserch and Development. Pengembangan modul kontrol diri kecanduan game online mengadopsi lima langkah dari sepuluh langkah rancangan Borg and Gall, (1) Studi pendahuluan dan perencanaan, (2) Pengembangan produk awal, (3) Penilaian ahli dan revisi, (4) Uji coba calon pengguna, (5) Pengembangan produk akhir. Uji validasi dilakukan oleh satu dosen sebagai ahli materi, dua dosen sebagai ahli media, dan dua calon pengguna yang dianalisis menggunakan analisis inter-rater-agreeman dan analisis nilai rentangan.. Hasil penelitian berupa modul kontrol diri kecanduan game online yang telah divalidasi. Analisis penilaian uji materi berada pada kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 3,47. Kemudian analisis penilaian uji media berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai indeks 1,00. Sedangkan analisis uji calon pengguna konselor juga berada pada kategori sangat tinggi dengan nilai indeks 1,00. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak secara isi maupun tampilan dan dapat digunakan sebagai media pemberian layanan bimbingan dan konseling. Modul yang dikembangkan oleh peneliti masih jauh dari kata sempurna. Modul kontrol diri kecanduan game online ini memiliki keterbatasan dimana tidak dilakukan pengujian terkait keefektifan terhadap dampak dari penggunaan modul, melainkan hanya menguji produk pengembangan berdasarkan aspek ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh terbentuklah saran yang dapat dilakukan oleh peserta didik, konselor, serta peneliti selanjutnya. 1) Bagi peserta didik, modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai bahan latihan untuk mencegah dan mengurangi perilaku kecanduan game online. 2) Bagi konselor, modul yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai media dalam pemberian layanan dasar bimbingan dan konseling. 3) Bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan sebagai salah satu sumber referensi, atau dapat dijadikan sebagai dasar dan tindak lanjut dalam penelitian selanjutnya misalnya, menguji efektifitas dari penggunaan modul sebagai media layanan BK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:41
Last Modified: 16 Nov 2022 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2617

Actions (login required)

View Item View Item