Pengaruh media permainan sejarah menggunakan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah materi Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia kelas x SMA Negeri 05 Malang / Yoni Puspita Suryanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media permainan sejarah menggunakan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah materi Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia kelas x SMA Negeri 05 Malang / Yoni Puspita Suryanti

Suryani, Yoni Puspita (2021) Pengaruh media permainan sejarah menggunakan aplikasi quizizz terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah materi Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia kelas x SMA Negeri 05 Malang / Yoni Puspita Suryanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan yang terdapat di kelas X IPA C2 SMA Negeri 05 Malang pada pembelajaran sejarah masa pembelajaran daring ialah rendahnya hasil belajar. Faktor dari permasalahan tersebut ialah kondisi pembelajaran yang kurang kondusif akibat tidak bisa tatap muka secara langsung di kelas dan pengemasan matapelajaran sejarah yang kurang menarik. Oleh sebab itu solusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan di atas yakni pengemasan pembelajaran sejarah dengan lebih menarik. Cara yang dapat digunakan ialah dengan memperkaya media pembelajaran. Pada penelitian ini fokus permasalahannya yakni penerapan penggunaan media permainan yang berbasis Aplikasi Quizizz pada pembelajaran sejarah dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media permainan berbasis Aplikasi Quizizz pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitaif Pengumpulan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar peserta didik (tes langsung dari Aplikasi Quizizz) sedangkan untuk data angket dipergunakan sebagai pengukuran pengaruh hasil belajar siswa dengan diterapkannya Aplikasi Quizizz. Alur pengumpulan data dimulai dari tahapan perencanaan pelaksanaan dan Analisis data melalui IBM SPSS v.25. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Aplikasi Quizizz menunjukkan peningkatan. Peningkatan disebabkan oleh media pembelajaran baru kelas yang lebih kondusif karena peserta didik berkomunikasi melalui grup chat yang membuat peserta didik lebih tertarik dengan obrolan seputar pembelajaran. Selanjutnya keaktifan peserta didik ketika penerapan media pembelajaran peserta didik lebih aktif dan ikut serta dalam kegiatan diskusi yang diberikan oleh guru melalui grup chat. Pembelajaran sejarah juga lebih menarik daripada sebelumnya. Peserta didik cenderung lebih antusias dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Hasil penelitian dilihat dari hasil belajar peserta didik dari 30 soal pilihan ganda pada masing-masing tes tulis menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat 19 87 yang semula rata-rata hasil nilai angket Pre-perlakuan sebesar 57 31. Dari penelitian ini peneliti memberikan saran kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan media evaluasi pembelajaran berbasis Aplikasi Quizizz yang dapat digunakan untuk media pembelajaran yang lebih menarik. Selain itu media pembelajaran dapat dilengkapi dengan permainan yang lebih bervariasi. Media juga dapat dipasangkan dengan model dan metode yang lebih cocok agar pembelajaran dapat lebih berfokus pada peserta didik dengan mengikutsertakan peserta didik secara langsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261698

Actions (login required)

View Item View Item