Pengembangan e-modul mata pelajaran sejarah materi islamisasi di Kabupaten Jombang untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas x iis 2 NAN 1 Jombang / Dwi Arifatun Nisa'</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul mata pelajaran sejarah materi islamisasi di Kabupaten Jombang untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas x iis 2 NAN 1 Jombang / Dwi Arifatun Nisa'</p>

Nisa', Dwi Arifatun (2022) Pengembangan e-modul mata pelajaran sejarah materi islamisasi di Kabupaten Jombang untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Kelas x iis 2 NAN 1 Jombang / Dwi Arifatun Nisa'</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini didasari oleh terbatasnya sumber belajar pada mata pelajaran sejarah. Hal ini terbukti bahwa dilapangan menunjukkan minimnya inovasi dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran e-modul ini merupakan suatu hasil pengembangan yang berdasarkan dari potensi masalah yang ada sehingga dikembangkanlah media pembelajaran tersebut. E-modul ini juga dilengkapi dengan gambar atau foto dan terdapat pula konten didalamnya sebagai unsur pendukung materi serta dilengkapi dengan latihan-latihan soal bagi siswa. Materi yang digunakan ialah Islamisasi di Kabupaten Jombang yang masuk ke dalam KD 3.7 menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran e-modul tentang materi Islamisasi di Kabupaten Jombang. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran e-modul ini telah melalui tahapan validasi dan juga uji coba pemakaian guna mengetahui kevalidan dari produk yang dihasilkan. Penelitian dan pengembangan ini dikembangkan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Sugiyono yang terdiri atas sepuluh tahapan yaitu 1) potensi dan masalah 2) pegumpulan data 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi desain 6) uji coba produk 7) revisi produk 8) uji coba pemakaian 9) revisi produk 10) produksi massal. Metode penelitian dan pengembangan ini berdasarkan hasil observasi awal wawancara guru dan angket kebutuhan siswa mengenai proses pembelajaran sejarah disekolah tersebut yang telah melewati tahap validasi ahli serta uji validasi produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran e-modul dari validasi ahli materi mendapatkan presentase sebesar 94% sehingga materi bahan ajar dinyatakan sangat valid dengan beberapa catatan yang perlu ditambahkan berupa rujukan dari jurnal nasional maupun jurnal internasional. Pada tahap validasi ahli media mendapatkan presentase sebesar 96% sehingga bahan ajar dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk uji coba di sekolah dalam pembelajaran sejarah. Tahap selanjutnya yaitu tahap uji coba produk yang dilakukan di kelas X IIS 2 MAN 1 Jombang yang dibagi menjadi uji coba produk kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba produk kelompok kecil yang melibatkan 8 peserta mendapatkan presentase sebesar 91 04% sedangkan uji coba pemakaian kelompok besar yang melibatkan 29 peserta mendapatkan presentase sebesar 91 8%. Selain itu produk dapat dikatakan efektif apabila nilai yang didapatkan dari post-test dibagi dengan nilai target hasilnya lebih dari sama dengan 1. Nilai yang didapat dari hasil post-test ialah 88 sedangkan nilai targetnya 75 sehingga mendapatkan skor 1 2565 Berdasarkan pemaparan hasil uji coba dapat dikatakan bahwa pengembangan bahan ajar e-modul valid layak dan efektif dijadikan sebagai buku penunjang pembelajaran kelas X IIS 2 MAN 1 Jombang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261689

Actions (login required)

View Item View Item