Pengembangan e-modul materi bangunan-bangunan kolonial di Kota Kediri tahun 1920-1940 sebagai bahan ajar untuk Kelas XI IIS 3 di SMAN 4 Kediri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-modul materi bangunan-bangunan kolonial di Kota Kediri tahun 1920-1940 sebagai bahan ajar untuk Kelas XI IIS 3 di SMAN 4 Kediri

Pulungan, Aziza Risqi Masruro (2021) Pengembangan e-modul materi bangunan-bangunan kolonial di Kota Kediri tahun 1920-1940 sebagai bahan ajar untuk Kelas XI IIS 3 di SMAN 4 Kediri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Modul elektronik adalah bahan ajar yang ditulis sendiri oleh pendidik yang terdiri dari gambar ataupun teks dalam bentuk materi elektronika digital yang dapat membantu peserta didik dalam belajar mandiri. Penggunaan bahan ajar sejarah yang efektif akan meningkatkan motivasi minat dan perhatian siswa. Setelah diamati proses pembelajaran di kelas terlihat bahwa materi pembelajaran yang mereka miliki masih kurang muatan lokal. Untuk itu peneliti mencoba membuat produk e-modul yang bertemakan peninggalan kolonial di Kota Kediri. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui keefektifan e-modul ini dalam meningkatkan kompetensi siswa di SMAN 4 Kediri. Untuk itu dalam menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono. Metode ini terdiri dari langkah-langkah seperti mengidentifikasi masalah dan potensial kemudian menarik informasi data merancang memvalidasi merevisi dan memproduksi. Seperti ditunjukkan di atas e-modul sebagai bahan pembelajaran efektif untuk meningkatkan daya tarik pengetahuan lokal dan motivasi siswa. Isu khusus peninggalan kolonial di Kota Kediri telah memunculkan sudut pandang baru yang berbeda dalam pembelajaran sejarah. Beberapa alasan di balik ini adalah hubungan emosional dan kedekatan antara materi dan lingkungannya. Oleh karena itu akan mendorong rasa ingin tahu mereka khususnya dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar. Pada tahap validasi materi diperoleh hasil 89 6% sehingga materi bahan ajar dikatakan sangat layak. Sedangkan pada tahap validasi bahan ajar diperoleh hasil 90 2% sehingga bahan ajar dikatakan sangat layak dan dapat digunakan untuk uji coba di sekolah. Tahap selanjutnya uji coba produk yang dilakukan di kelas XI IIS 3 SMAN 4 Kediri. Hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor 91 8 % dan hasil uji coba kelompok besar memperoleh skor 94 5%. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa bahan ajar e-modul menambah daya tarik dan wawasan baru peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah khususnya tentang bangunan peninggalan kolonial di Kota Kediri. Peningkatan hasil ini disebabkan materi lokal yang dekat lokasi tempat tinggal mereka dapat meningkatkan ketertarikan mereka pada sejarah. Ini juga mendorong mereka untuk belajar menerapkan pembelajaran mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2021 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 00:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261685

Actions (login required)

View Item View Item