Pengembangan media pembelajaran geografi sma berbasis android pada pokok bahasan hidrologi dan pemanfaatannya / Firdaus Adibus Shalih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran geografi sma berbasis android pada pokok bahasan hidrologi dan pemanfaatannya / Firdaus Adibus Shalih

Shalih, Firdaus Adibus (2021) Pengembangan media pembelajaran geografi sma berbasis android pada pokok bahasan hidrologi dan pemanfaatannya / Firdaus Adibus Shalih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Shalih Firdaus Adib 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Pokok Bahasan Hidrologi dan pemanfaatannya. Skripsi. Jurusan Pendidikan Geografi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Soelistijo M.Si (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya M.Si. Media pembelajaran dalam dunia Pendidikan berkembang seiring berkembangnya teknologi informasi (TI). Media pembelajaran berperan penting dalam kegiatan pembelajaran hal ini dikarenakan media pembelajaran membantu guru dalam menyampaikan informasi yang yang bersifat abstrak. Namun kenyataan di lapangan penggunaan media siswa untuk materi hidrologi dan pemanfaatannya masih terbatas dengan media berupa LKS modul dan powerpoint yang menampilkan teks dan gambar. Keterbatasan tersebut membuat siswa mencari informasi melalui internet yang berupa Blogspot Wikipedia dan google search. Informasi yang terdapat dalam internet tidak sedikit dijumpai informasi yang belum valid sehingga diperlukannya suatu media berupa aplikasi Hydroid untuk materi hidrologi dan pemanfaatannya. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran berupa aplikasi Hydroid. Pengembangan media pembelajaran Hydroid bertujuan untuk mendukung siswa dalam kegiatan pembelajaran. Mata pelajaran yang di pilih dalam pengembangan ini adalah mata pelajaran geografi materi hidrologi dan pemanfaatannya untuk kelas X SMA. Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian (Research and Development(R amp D)) dari model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahapan prosedur pengembangan yaitu (1) Analisis (analyze) (2) Desain (Design) (3) Pengembangan produk (Development) (4) Implementasi produk (Implementation) (5) Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan di SMAN 1 Tumpang kelas X IPS 2 berjumlah 36 siswa diperoleh hasil yang menunjukan bahwa penilaian kelayakan media diperoleh hasil bahwa aspek kemenarikan menunjukan nilai 84 47% aspek kesesuain menunjukan nilai 80 87% aspek kemudahan menunjukan nilai 82 37% dan aspek pengaruh menunjukan nilai 84 96%. Nilai rata-rata uji coba secara keseluruhan menunjukan nilai 91%. Berdasarkan perolehan nilai tersebut aplikasi hydroid memenuhi kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran materi hidrologi dan pemanfaatannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261608

Actions (login required)

View Item View Item