Pengembangan konten mooc dengan pendekatan stem pada lms schoology dan pengaruhnya terhadap literasi geografi peserta didik / Anita Lailatul Ni'mah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan konten mooc dengan pendekatan stem pada lms schoology dan pengaruhnya terhadap literasi geografi peserta didik / Anita Lailatul Ni'mah</p>

Ni'mah, Anita Lailatul (2021) Pengembangan konten mooc dengan pendekatan stem pada lms schoology dan pengaruhnya terhadap literasi geografi peserta didik / Anita Lailatul Ni'mah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan konten MOOC dengan pendekatan STEM melalui LMS Schoology terhadap kemampuan literasi geografi peserta didik (2) Mengaplikasikan produk hasil pengembangan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kemampuan literasi geografi peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu RnD dengan metode mixed analysis. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ASSURE. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pre-test Post-test Design dengan uji N-gain score ketika ditemukan perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai pre-test dan post-test melalui Uji Paired Sample T Test. Perolehan nilai N-gain score kemudian digunakan untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk berdasarkan kategori Heke (1999). Subjek uji coba dipilih dengan metode purposive sampling berdasarkan lokasi dan kriteria sekolah. Adapun instrumen pengupulan data yang digunakan yaitu wawancara dan angket/kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Produk pengembangan berupa konten MOOC dengan pendekatan STEM yang disusun pada LMS Schoology termasuk dalam kategori sangat valid dengan persentase 98 8%. (2) Terdapat pengaruh pada penggunaan produk hasil pengembangan terhadap kemampuan literasi geografi peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-gain dengan perolehan gain score sebesar 0 7105 yang termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa konten MOOC dengan pendekatan STEM pada LMS Schoology layak dan efektif untuk meningkatkan literasi geografi peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261595

Actions (login required)

View Item View Item