Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips di sman 3 lumajang / DEDI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips di sman 3 lumajang / DEDI

Dedi (2021) Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips di sman 3 lumajang / DEDI. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam menjamin kehidupan bangsa dan negara. Dalam proses pembelajaran perlu adanya model pembelajaran yang inovatif agar mencapai hasil yang maksimal. Discovery Learning dipilih untuk dieksperimenkan karena terdapat beberapa alasan antara lain (1) Discovery Learning dapat membantu mengembangkan pengetahuan siswa (2) Discovery Learning memberi kesempatan siswa untuk berkembang sesuai kemampuannya (3) Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa (4) Discovery Learning berpusat pada siswa itu sendiri. Discovery Learning merupakan model pembelajaran untuk menemukan konsep dan makna melalui pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS di SMAN 3 Lumajang. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yakni kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dengan model Discovery Learning dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitiaan ini untuk mengukur kemampuan berpikir analitis siswa berupa soal essai sebanyak 4 butir soal. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Discovery Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Terjadinya pengaruh di kelas eksperimen disebabkan karena siswa terlatih untuk belajar secara aktif dan mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261590

Actions (login required)

View Item View Item