Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis instagram materi flora & fauna di Indonesia untuk Siswa SMA / Mohammad Novandy Primanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis instagram materi flora & fauna di Indonesia untuk Siswa SMA / Mohammad Novandy Primanto

Primanto, Mohammad Novandy (2022) Pengembangan media pembelajaran geografi berbasis instagram materi flora & fauna di Indonesia untuk Siswa SMA / Mohammad Novandy Primanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penerapan pembelajaran melalui internet (e-learning) merupakan suatu solusi yang dapat menjadi tolak ukur kemampuan siswa dalam mengeksplorasi tingkat kreatifitas dan pengetahuan akan teknologi terlebih dalam era pendidikan abad 21 ini. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran melalui pemanfaatan media pembelajaran yaitu dengan menerapkan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan cocok berdasarkan kondisi siswa salah satu media yang cocok untuk digunakan sebagai media pembelajaran adalam media sosial Instagram. Instagram merupakan media sosial yang digunakan banyak orang terutama remaja khususnya siswa SMA. Penelitian ini dititik beratkan pada pengembangan media pembelajaran Geografi berbasis media sosial Instagram pada materi Flora amp Fauna di Indonesia yang ditujukan untuk siswa kelas XI IPS. Model yang digunakan adalah pengembangan model 4D (Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran)). Jenis data penelitian ini ada dua yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skoring yang menggunakan skala likert. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran kritik dari para validator ahli dan subjek peneliti. Teknis analisis data dalam penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan teknis analisis data deskriptif persentase dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar yang nantinya akan digunakan. Hasil perancangan produk pengembangan ini diujicobakan pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Margasari dengan total responden sebanyak 30 orang. Hasil validasi penilaian oleh validator materi menunjukkan pada kategori valid dengan nilai akhir 82 33%. sedangkan hasil penilaian dari validator ahli media dengan nilai akhir 97 33% berada pada kategori sangat valid. Hasil uji coba berdasarkan penilaian respon siswa menunjukkan nilai rata-rata kelayakan yang diperoleh adalah 77 6% dan berada pada kategori layak. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu Perlu untuk dilakukan penyusunan pengembangan media pembelajaran berbasis Instagram ini lebih lanjut dengan pilihan materi mata pelajaran Geografi yang lain dan produk media pembelajaran ini dapat digunakan oleh guru Geografi sebagai variasi dari pembelajaran Geografi dan kelas dan untuk membantu mencapai kompetensi siswa yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 04:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261589

Actions (login required)

View Item View Item