Studi tentang minat belajar peserta didik pada saat pemberlakukan kebijakan “belajar di rumah” di Kabupaten Blitar / Eka Yuliana - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang minat belajar peserta didik pada saat pemberlakukan kebijakan “belajar di rumah” di Kabupaten Blitar / Eka Yuliana

Yuliana, Eka (2021) Studi tentang minat belajar peserta didik pada saat pemberlakukan kebijakan “belajar di rumah” di Kabupaten Blitar / Eka Yuliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Minat memiliki peranan sangat penting dalam kegiatan pembelajaran di sekolah yakni berperan sebagai motivasi yang mendukung seseorang dalam belajar. Minat belajar dapat mendorong seseorang untuk mencapai suatu keberhasilan dalam proses pembelajaran. Adanya wabah pandemi Covid-19 menimbulkan berbagai dampak salah satunya dalam dunia pendidikan. Dalam kondisi pandemi Covid-19 membuat lembaga pendidikan dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan mengeluarkan kebijakan belajar di rumah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui atau mengukur minat belajar peserta didik selama kegiatan belajar di rumah serta kendala yang dialami oleh peserta didik. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif karena peristiwa yang terjadi adalah peristiwa pada saat ini. Aspek dalam penelitian ini meliputi minat belajar peserta didik terhadap kebijakan belajar di rumah. Dalam penelitian ini menggunakan metode sampling acak dengan instrumen angket. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik tingkat SMP/SMA sedangkan sampelnya dipeoleh sebanyak 101 peserta didik. Teknik analisa data yang digunakan dalam kuisioner adalah tabulasi frekuensi dengan analisa prosentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa minat belajar peserta didik terhadap pembelajaran jarak jauh dengan belajar di rumah masuk dalam kategori sedang. Hasil yang didapat dari analisis adalah sebesar 52 5%. Dari angket diketahui bahwa minat peserta didik ketika belajar di rumah juga didukung beberapa faktor seperti dukungan orang tua. Namun ada beberapa kendala yang dialami oleh peserta didik seperti kurang pahamnya materi tugas yang diberikan terlalu banyak dan jaringan internet yang kurang stabil. Pembelajaran jarak jauh dengan belajar di rumah dirasa peserta didik kurang efektif. Peserta didik berharap ketika belajar di rumah pemberian tugas diberikan secara terjadwal sehingga tidak menumpuk dari berbagai mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261588

Actions (login required)

View Item View Item