Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek poster terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi Kelas X IPS SMAN 5 Malang / Yuvina Indah Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek poster terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi Kelas X IPS SMAN 5 Malang / Yuvina Indah Sari

Sari, Yuvina Indah (2021) Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek poster terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi Kelas X IPS SMAN 5 Malang / Yuvina Indah Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran berbasis proyek poster merupakan model pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa dan kerjasama dalam pembuatan proyek. Penerapan model pembelajaran berbasis proyek poster memiliki potensi untuk membuat pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna melalui proyek poster yang dikerjakan. Namun pada era kurikulum 2013 pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek poster belum tentu dapat mempengaruhi kemampuan setiap siswa terutama kemampuan berpikir kreatif. Melalui pernyataan tersebut sehingga perlu adanya eksperimen dari model pembelajaran berbasis proyek poster. Model pembelajaran berbasis proyek memiliki beberapa keunggulan yaitu dapat meningkatkan kemampuan memecah masalah yang kompleks meningkatkan keterampilan dalam manajemen sumber daya dan meningkatkan kemampuan berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek poster terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 5 Malang. Rancangan penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran berbasis proyek poster dan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan model tersebut. Subjek penelitian terdiri dari X IPS I1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa dan X IPS J1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes essay untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Uji coba instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis proyek poster memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran berbasis proyek poster. Hasil uji hipotesis terhadap kemampuan berpikir kreatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model berbasis proyek poster terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi kelas X IPS SMAN 5 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261580

Actions (login required)

View Item View Item