Pengaruh model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X / Suhita Arih Wibawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X / Suhita Arih Wibawati

Wibawati, Suhita Arih (2022) Pengaruh model pembelajaran relating, experiencing, applying, cooperating, transferring (REACT) terhadap hasil belajar geografi siswa Kelas X / Suhita Arih Wibawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran geografi yang belum mengarah pada kehidupan sehari-hari mengakibatkan kurangnya keaktifan serta rendahnya hasil belajar siswa. Materi hidrosfer berkaitan dan mengkaji fenomena alam dalam kehidupan sehingga pembelajaran harus menekankan pengalaman belajar secara langsung termasuk mengenai air dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran Relating Experiencing Applying Cooperating Transferring (REACT) terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X. Penelitian ini termasuk quasi experiment bentuk posttest only control group design yang didasarkan atas authentic assessment pada pembelajaran REACT. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Singosari dengan sampel X IPS A (eksperimen) dan X IPS B (kontrol) semester genap 2021/2022. Pengukuran hasil belajar melalui tes uraian dan analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian diketahui rata-rata nilai posttest kelas kontrol 77 33 serta eksperimen 83 57. Nilai Sig. uji hipotesis sebesar 0 003 sehingga membuktikan bahwa pembelajaran REACT berpengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261572

Actions (login required)

View Item View Item