Pengembangan media pembelajaran animasi stop motion pada materi tenaga endogen / Siska Dyah Fatmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran animasi stop motion pada materi tenaga endogen / Siska Dyah Fatmawati

Fatmawati, Siska Dyah (2021) Pengembangan media pembelajaran animasi stop motion pada materi tenaga endogen / Siska Dyah Fatmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fatmawati Siska Dyah. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Stop Motion pada Materi Tenaga Endogen. Skripsi Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Soelistijo M.Si. (II) Nailul Insani S.Pd. M.Sc. Kata Kunci pandemi Covid-19 media pembelajaran animasi stop motion tenaga endogen Kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan dalam pendidikan seperti pembelajaran dilakukan secara daring maka pada kasus ini media pembelajaran memiliki peran penting dalam pandemi. Animasi stop motion merupakan salah satu jenis media audio visual yang mana media ini mampu menggambarkan fenomena seperti nyata. Fenomena tersebut juga terdapat dalam materi tenaga endogen materi ini memiliki banyak sekali pergerakan baik lipatan patahan gempa ataupun proses naiknya magma yang mana fenomena tersebut tidak bisa diamati secara langsung oleh siswa. Oleh karena itu materi tersebut perlu dikemas ke dalam media yang memiliki unsur gerak audio dan teks seperti animasi stop motion sehingga materi dapat disajikan secara menarik dan memberikan pengalaman nyata bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media pembelajaran animasi stop motion pada materi tenaga endogen kelas X IPS. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Malang kelas XI IPS. Metode penelitian dan pengembangan menggunakan model dari Borg dan Gall dibatasi hanya menggunakan 6 langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan pengembangan. Langkah awal yaitu penelitian dan pengumpulan data dengan melakukan observasi kelas wawancara guru dan studi pustaka. Langkah selanjutnya yaitu perencanaan pengembangan draf produk validasi produk yang dilakukan pada ahli media dan ahli materi revisi dan langkah terakhir yaitu uji coba lapangan dengan responden sebanyak 30 siswa. Data kualitatif diperoleh dari penilaian validator yang berupa kritik dan saran sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket siswa. Hasil dari uji validasi media dan materi yang dikembangkan sudah valid dan layak untuk digunakan sebagai media belajar sedangkan dari angket siswa media ini memperoleh kriteria sangat menarik. Media pembelajaran animasi stop motion pada materi tenaga endogen merupakan media yang unik menarik dan belum pernah digunakan dalam pembelajaran geografi. Penjelasan materi yang jelas lengkap dan pengucapan bahasa yang baik dapat mempermudah siswa dalam memahami materi tenaga endogen. Oleh karena itu media ini dapat berpengaruh terhadap siswa seperti siswa berantusias dalam pembelajaran pengalaman baru dalam belajar dan sesuai untuk referensi belajar siswa baik secara berkelompok maupun mandiri seperti saat pandemi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261570

Actions (login required)

View Item View Item