Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips madrasah aliyah at-taufiq bogem jombang pada mata pelajaran geografi / Miftakhul Hanif - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips madrasah aliyah at-taufiq bogem jombang pada mata pelajaran geografi / Miftakhul Hanif

Hanif, Miftakhul (2021) Pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas xi ips madrasah aliyah at-taufiq bogem jombang pada mata pelajaran geografi / Miftakhul Hanif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Guided Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013. Model tersebut menggunakan pendekatan saintifik yang melibatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara mencari dan menemukan secara mandiri. Guru berperan sebagai pembimbing dalam proses pembelejaran sehingga apa yang akan dicari oleh siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penggunaan model Guided Discovery Learning dalam penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Analitis Siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah At-Taufiq Bogem Jombang pada Mata Pelajaran Geografi. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan data kuantitatif berupa nilai pretest dan postest. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posetest. Kelas yang jadikan sebagai subjek penelitian merupakan siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah At-Taufiq Bogem Jombang. Jumlah siswa sebanyak 34 terbagi atas 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Siswa diberi soal pretest sebanyak lima soal uraiaan kemudian dilanjutkan dengan proses pembelajaran menggunakan model Guided Discovery Learning. Topik yang disampaikan dalam pembelajaran adalah KD 3.5 menganalisis dinamika penduduk di Indonesia untuk perencanaan pembangunan. Soal postest diberikan kepada siswa setelah proses pembelajaran di pertemuan terakhir berupa soal urain sebanyak lima soal. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model Guided Discovery Learning nilai rata-rata postest lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretes sebelum diberi perlakuan menggunakan Guided Discovery Learning. Hasil analisis data yang dilakukan menggunakan uji paired sample t-test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0 000 atau lebih kecil dari 0 05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir analitis siswa kelas XI IPS Madrasah Aliyah At-Taufiq Bogem Jombang pada mata pelajaran geografi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261566

Actions (login required)

View Item View Item