Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN 1 Leces / Yuyuk Handayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN 1 Leces / Yuyuk Handayani

Handayani, Yuyuk (2021) Pengaruh model pembelajaran geographical inquiry berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X di SMAN 1 Leces / Yuyuk Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Geographical inquiry merupakan model pembelajaran yang melakukan penyelidikan secara individu atau kelompok yang dimulai dengan pertanyataan geografis dilanjutkan dengan pengumpulan data evaluasi analisis data melalui 5 tema geografi selanjutnya mengambil kesimpulan dan usulan untuk tindakan. Fungsi LKPD dalam geographical inquiry yaitu membantu siswa dalam melakukan penyelidikan dan mengumpulkan data selama proses pembelajaran yang disesuaikan dengan langkah-langkah dalam model geographical inquiry. Berdasarkan salah satu kelebihan dari model ini menjelaskan bahwa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran geographical inquiry berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS di SMAN 1 Leces. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian pretest-posttest-control group design. Subyek dalam penelitian ini membagi dua kelompok kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPS 3 sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Tes kemampuan berpikir kritis diberikan sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen maupun kontrol. Soal ujian berbentuk essay berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yang berjumlah lima soal. Data penelitian diuji menggunakan uji t independent dari hasil gain score dengan bantuan SPSS 22.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan awal berpikir kritis siswa kelas eksperimen maupun kontrol memperoleh nilai rata-rata sama Sedangkan setelah diberikan perlakuan menunjukkan rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setiap tahapan dalam pembelajaran menggunakan model geographical inquiry membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan bantuan LKPD. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model geographical inquiry berbantuan LKPD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IPS di SMAN 1 Leces.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261564

Actions (login required)

View Item View Item