Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis dan minat belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Batu / Adi Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis dan minat belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Batu / Adi Wicaksono

Wicaksono, Adi (2021) Pengaruh model pembelajaran group investigation pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir analitis dan minat belajar Siswa Kelas XI IPS di SMAN 2 Batu / Adi Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analitis dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 2 Batu. Penelitian eksperimen ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimental semu (Quasi Experimental design) dengan pola the nonequivalent pre post test control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation dan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Subyek penelitian adalah kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 di SMAN 2 Batu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penelitian ini berupa soal esai kemampuan berpikir analitis sebanyak 4 butir dan angket minat belajar siswa sebanyak 20 butir. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Group Investigation berpengaruh terhadap kemampuan berpikir analitis dan minat belajar siswa. Temuan tersebut dibuktikan dengan signifikansi hasil Uji regresi linear sederhana sebesar 0.015 pada uji kemampuan berpikir analitis dan sebesar 0.000 pada uji minat belajar siswa. Hasil tersebut nilai probabilitas 0) ditolak dan (H1 shy ) diterima. Saran yang diberikan dalam penelitian adalah pertama bagi guru disarankan untuk menerapkan model pembelajaran Group Investigation. Kedua bagi peneliti lanjut diharapkan menyesuaikan antara materi dan model pembelajaran Group Investigation. Ketiga bagi pihak sekolah diharapkan meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana penunjang proses pembelajaran dengan model Group Investigation.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261463

Actions (login required)

View Item View Item