Pengaruh pendekatan project based learning (PBL) terhadap hasil belajar serta sikap terhadap ekosistem sungai peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Malang / Andy Laksono Prasetyo Wibowo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan project based learning (PBL) terhadap hasil belajar serta sikap terhadap ekosistem sungai peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Malang / Andy Laksono Prasetyo Wibowo

Wibowo, Andy Laksono Prasetyo (2010) Pengaruh pendekatan project based learning (PBL) terhadap hasil belajar serta sikap terhadap ekosistem sungai peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Malang / Andy Laksono Prasetyo Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wibowo Andy Laksono Prasetyo. 2009. Pengaruh Pendekatan Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar serta Sikap terhadap Ekosistem Sungai Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 9 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima M.Pd (II) Dr. Hj. Siti Zubaidah M.Pd. Kata kunci pendekatan PjBL hasil belajar sikap terhadap ekosistem sungai Pembelajaran Biologi harus membuat peserta didik memiliki kemampuan berfikir analitis induktif dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip Biologi serta meningkatkan kesadaran dan berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan. Pembelajaran yang berkualitas dimungkinkan diwujudkan melalui pendekatan Project Based Learning (PjBL) karena pendekatan pem-belajarannya berfokus pada konsep-konsep dan prinsip-prinsip utama dari suatu disiplin studi melibatkan peserta didik dalam kegiatan pemecahan masalah dan tugas-tugas bermakna lainnya memberi peluang peserta didik bekerja secara otonom serta mengkonstruk belajar mereka sendiri dan puncaknya menghasilkan produk karya peserta didik bernilai dan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Project Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Malang dan 2) mengetahui pengaruh penerapan pendekatan Project Based Learning terhadap sikap peserta didik kelas X SMA Negeri 9 Malang. Sampel yang digunakan adalah peserta didik kelas X 2 dan X 3 SMA Negeri 9 Malang. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah silabus RPP buku ajar peserta didik Lembar Kerja Peserta Didik Identification Sheet panduan evaluasi produk peserta didik. Instrumen peneltitan yang digunakan adalah tes penguasaan konsep dan kuisioner skala sikap terhadap ekosistem sungai. Data penelitian ini merupakan data kuantitatif yang terdiri dari skor hasil belajar dan sikap peserta didik terhadap ekosistem sungai yang dikumpulkan pada tanggal 14 Maret 31 Mei 2009. Data dianalisis dengan analisis statistik kovarian (ANAKOVA) serta dilanjutkan dengan uji beda LSD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran PjBL berpengaruh nyata secara statistik terhadap hasil belajar serta sikap peserta didik terhadap ekosistem sungai. Peserta didik yang difasilitasi pembelajaran berbasis proyek memiliki hasil belajar dan sikap lebih tinggi 47 31% dan 6 2% dari peserta didik yang difasilitasi pembelajaran konvensional. Saran yang dapat diajukan seperti berikut. 1) Untuk memperlancar pe-nelitian sebaiknya peneliti benar-benar menghitung waktu ideal dalam melakukan penelitian sebagai upaya menghindari pemampatan kegiatan selama proses belajar mengajar hingga pengambilan data. 2) Kapasitas kelas yang digunakan sebagai eksperimen sebaiknya tidak melebihi 32 peserta didik hal ini bertujuan untuk melihat perkembangan dan pengorganisasian peserta didik secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26146

Actions (login required)

View Item View Item