Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dipadu peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri 10 Malang / Akhmad Ainul Yaqin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dipadu peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri 10 Malang / Akhmad Ainul Yaqin

Yaqin, Akhmad Ainul (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif think pair share (TPS) dipadu peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA negeri 10 Malang / Akhmad Ainul Yaqin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yaqin Akhmad Ainul. 2009. Penerapan Pembelajaran Think Pair Share Dipadu Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 10 Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Pembimbing (II) Dra. Titi Judani M.Kes. Kata kunci pembelajaran Think Pair Share (TPS) peta konsep motivasi belajar hasil belajar Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi di SMAN 10 Malang permasalahan yang mendasar dalam hal ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh guru namun masih belum berhasil meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Metode pembelajaran yang biasa diterapkan di SMAN 10 Malang adalah ceramah dan diskusi siswa belum mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga siswa cenderung pasif dan siswa kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Dalam rangka memecahkan masalah pembelajaran tersebut maka perlu dilakukan upaya antara lain berupa pengembangan strategi pembelajaran yang mampu mengoptimalkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dipadu peta konsep merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok yang mendorong dan membantu siswa dalam menguaai materi yang dipelajari serta menumbuhkan bahwa belajar Biologi itu menyenangkan dan penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi melalui penerapan pembelajaran Think Pair Share dipadu peta konsep materi Sel Kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan penelitian dilaksanakan pada bulan Juli dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA N 10 Malang yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi belajar hasil belajar serta angket persepsi siswa dengan instrumen penelitian berupa tes akhir siklus penilaian petra konsep lembar motivasi siswa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran angket persepsi siswa dan catatan lapangan. Motivasi belajar siwa diukur berdasarkan peningkatan nilai presentase banyaknya deskriptor yang muncul hasil belajar diukur dari dua ranah yaitu ranah kognitif dengan tes akhir siklus dan ranah psikomotor dengan penilaian peta konsep dan persepsi siswa diukur dengan angket persepsi siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share dipadu peta konsep dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan i dengan peningkatan dari siklus I sebesar 75 33% dengan kategori baik menjadi 81% ke siklus II dengan kategori baik dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 5 67%. Peningkatan motivasi belajar juga diikuti oleh peningkatan hasil belajar ini dilihat dari ketuntasan klasikal dari siklus I sebesar 15 78% dan menjadi 86 84% siklus II. Berdasarkan pada hasil penelitian disarankan agar para pendidik dapat menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dipadu peta konsep ini karena dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti hendaknya menggunakan waktu /jam pelajaran dengan sebaik-baiknya disarankan melakukan penelitian dalam pembelajaran Biologi dengan materi yang berbeda untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif model TPS dipadu peta konsep. ii

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26143

Actions (login required)

View Item View Item