Identifikasi hambatan pembelajaran geografi kelas x-ips berdasarkan kurikulum 2013 di sma negeri sekota batu / Muhammad Anwari - Repositori Universitas Negeri Malang

Identifikasi hambatan pembelajaran geografi kelas x-ips berdasarkan kurikulum 2013 di sma negeri sekota batu / Muhammad Anwari

Anwari, Muhammad (2021) Identifikasi hambatan pembelajaran geografi kelas x-ips berdasarkan kurikulum 2013 di sma negeri sekota batu / Muhammad Anwari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia mengalami perubahan kurikulum hingga 11 kali perubahan. Kurikulum yang diterapkan saat ini adalah kurikulum 2013. Dimana selama perjalanan perubahan kurikulum siswa mengalami hambatan. Hambatan yang dialami siswa digolongkan menjadi tiga aspek yaitu penilaian pembelajaran dan penilaian. Hambatan yang dirasakan oleh siswa adalah siswa kesulitn dalam memahami materi yang sama sekali belum pernah dijelaskan oleh guru. Hambatan ini dikarenakan kurikulum 2013 menuntut siswa memahami materi secara mandiri dan guru hanya sebagai fasilitator. Kurangnya sumber belajar yang tersedia di sekolah juga menambah kesulitan siswa. Sehingga peneliti mengidentifikasi hambatan siswa dalam pembelajaran geografi berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini dirancang menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket tertutup. Analisis data dilakukan dengan pensekoran data dan membuat tabulasi. Setelah didapatkan hasil dari analisis data dan kemudian dirata-rata selanjutnya hasil data akan diklasifikasi dengan menggunakan Berdasarkan analisis data yang penyebab hambatan siswa belajar geografi dibagi menjadi tiga yaitu wawasan umum pembelajaran geografi dan penilaian pelajaran. Dapat disimpulkan bahwa Ketiga faktor berpengaruh dengan distribusi frekuensi yang memiliki rentan nilai yang tidak jauh dari total responden sebanyak 89 orang. Faktor pertama dengan jumlah 6608 dan rata-rata sebanya 74 25 faktor kedua dengan jumlah 6519 dan rata-rata sebesar 73 24 dan faktor yang terakhir memiliki jumlah 6533 dan rata-rata 73 41. Dengan demikian dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga faktor berpengaruh terhadap hambatan pembeajaran geografi berdasarkan Kurikulum 2013. Dimana ketiga faktor merupakan hal yang mendasari hambatan yang dirasakan dan ketiga faktor tidak dapat dipisahkan. Ketiga faktor memiiki pengaruhnya masing-masing terhadap hambatan ini maka dari itu ketiga faktor tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261424

Actions (login required)

View Item View Item