Penerapan prinsip- prinsip good governance dalam pelayanan publik di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang / Ika Nurul Iza - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan prinsip- prinsip good governance dalam pelayanan publik di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang / Ika Nurul Iza

Iza, Ika Nurul (2022) Penerapan prinsip- prinsip good governance dalam pelayanan publik di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang / Ika Nurul Iza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelayanan publik penerapan prinsip- prinsip good governance hambatan dalam menerapkan prinsip good governance dan upaya yang diterapkan untuk meningkatkan penerapan prinsip good governance di Desa Tempursari Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang. Didasarkan pada Undang- Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pemerintah desa Tempursari memberikan kualitas pelayanan publik yang baik kepada masyarakat agar melancarkan dan memudahkan pekerjaan masyarakat desa Tempursari (2) Prinsip good governance Transparansi (transparency Keadilan (Fairness) Partisipasi (Participation) Responsivitas (Responsiveness) Efisiensi dan Efektifitas ((Efficiency amp Effectiveness) diterapkan dengan baik walaupun masih kekurangan pada prinsip Transparansi (transparency) dan Efektifitas ((Efficiency amp Effectiveness) di desa Tempursari. Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan (3) Hambatan yang dijumpai dalam penerapan prinsip good governance di desa Tempursari disebabkan kurangnya penguasaan teknologi oleh perangkat desa sebagai penyelenggara pelayanan publik. (4) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penerapan prinsip- prinsip good governance di desa Tempursari yaitu menerapkan jam operasional pegawai memberdayakan perangkat desa untuk selalu meningkatkan prestasi kerjanya guna meningkatkan sumber daya manusia profesional meningkatkan pengetahuan perangkat desa terhadap perkembangan teknologi serta melakukan kegiatan evaluasi kerja setiap bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261412

Actions (login required)

View Item View Item