Nilai-nilai kearifan lokal dalam upacara ritual 1 suro di petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri / Anggi Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai-nilai kearifan lokal dalam upacara ritual 1 suro di petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri / Anggi Maharani

Maharani, Anggi (2021) Nilai-nilai kearifan lokal dalam upacara ritual 1 suro di petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri / Anggi Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelaksanaan Upacara Ritual 1 Suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo cukup dikenal oleh masyarakat Kediri terutama di Desa Menang dan Masyarakat dari daerah lain yang berasal dari luar Kediri. Pada pelaksanaan ritual 1 Suro terdapat tahapan yang dapat di pelajari oleh masyarakat berupa nilai yang terkandung pada upacara ritual. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hubungan Prabu Sri Aji Joyoboyo dengan pelaksanaan upacara ritual 1 suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo memaparkan prosesi upacara ritual 1 suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo mendeskripsikan bentuk-bentuk kearifan lokal yang terkandung dalam upacara ritual 1 suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo dan mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam upacara ritual 1 suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyoboyo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif digunakan untuk memperoleh data secara natural yang diperoleh peneliti dari hasil observasi yang kemudian disusun menjadi sebuah kalimat deskriptif dan menjelaskan secara mendetail tentang nilai-nilai kearifan lokal dalam upacara ritual 1 suro di Petilasan Prabu Sri Aji Joyobyo Desa Menang Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu informan berupa juru kunci perangkat desa panitia pelaku upacara dan masyarakat Desa Menang. Pengumpulan data diperoleh dari observasi wawancara dan studi dokumentasi. Kemudian untuk pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber membercheck dan meningkatkan ketekunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan upacara ritual 1 suro tidak berhubungan dengan agama dari Prabu Sri Aji Joyoboyo yang berasal dari kerajaan Kediri yang berlatar belakang Hindu. Pada upacara ritual 1 suro dilakukan persiapan sehari sebelum pelaksanaan upacara ritual 1 suro dilaksanakan. Bentuk-bentuk kearifan lokal pada upacara ritual 1 suro berupa peralatan yang menunjang upacara dan aturan yang dipercaya oleh masyarakat pada pelaksanaan upacara. Kegiatan sebelum upacara dan saat upcara ritual 1 suro berlangsung terdapat enam nilai kearifan lokal. Keenam nilai itu adalah nilai religious nilai gotong royong nilai budaya nilai persatuan dan toleransi nilai ekonomi dan nilai cinta tanah air. Keenam nilai kearifan lokal tersebut terdapat pada saat persiapan sebelum upacara dan saat dilaksanakan upacara ritual 1 Suro.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261408

Actions (login required)

View Item View Item