Sikap nasionalisme remaja penggemar budaya k-pop pada komunitas chyper army Malang / Muzakkiyah Darojat - Repositori Universitas Negeri Malang

Sikap nasionalisme remaja penggemar budaya k-pop pada komunitas chyper army Malang / Muzakkiyah Darojat

Darojat, Muzakkiyah (2021) Sikap nasionalisme remaja penggemar budaya k-pop pada komunitas chyper army Malang / Muzakkiyah Darojat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

K-Pop dalam bahasa Korea disebut dengan Gayo kata ini merupakan istilah dari Korean Pop atau Korean Popular. Korean Popular ini merupakan sebuah genre musik yang terdiri dari pop dance hip hop rock R amp B serta electronik musik lainnya yang menjadi ciri khas dari Korea Selatan. Masyarakat cenderung menyebutnya sebagai hallyu atau Korean Wave hal ini menyebabkan munculnya fenomena baru yang membuat remaja memiliki kesukaan baru sehingga menggeser hal-hal yang lama seperti budaya asli bangsa Indonesia. Stigma negatif pun sering dilekatkan pada budaya K-Pop maupun K-Popers (istilah untuk penggemar K-Pop). Remaja yang menyukai hal-hal berbau K-Pop selalu menjadi topik utama dalam setiap pembahasan yang berkaitan dengan degradasi moral hingga menurunnya rasa nasionalisme yang mereka miliki. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengapa remaja komunitas Chyper Army Malang menyukai BTS mendekripsikan pendapat remaja mengenai budaya K-Pop yang ada di Indonesia mendeskripsikan sikap nasionalisme serta cara menjaga rasa nasionalisme mereka ditengah kesintaannya terhadap budaya K-Pop. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yaitu peristiwa dan informan di lapangan. Sedangkan pada data sekunder yang digunakan ialah dokumen-dokumen. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi non patisipan wawancara serta studi dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan bahwa (1) Faktor yang mempengaruhi remaja dalam menyukai budaya K-Pop ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal (2) Remaja penggemar budaya K-Pop menyatakan bahwasanya budaya K-Pop di Indonesia berkembang sangat pesat khusunya diwilayah Malang (3) Sikap nasional yang ditunjukkan para remaja penggemar budaya K-Pop pada saat ini diklasifikasikan menjadi dua yaitu dilingkungan bermasyarakat serta lingkungan berbangsa dan bernegara dan (4) Remaja memiliki cara tersendiri dalam mempertahankan sikap nasionalisme mereka dengan menjalankan kiat-kiat pada lingkungan bermasyarakaat dan berbangsa/bernegara serta bangga terhadap bangsanya sendiri. Saran bagi para remaja penggemar budaya K-Pop khusunya boygroup Bangtansonyeondan untuk menjadikan budaya K-Pop tersebut hanya untuk sekedar hiburan saja. Bagi komunitas Chyper Army Malang lebih baik jika sering mengadakan kegiatan yang bertemakan budaya indonesia ataupun gabungan dari kedua budaya yaitu Indonesia dan Korea. Sehingga para anggota komunitas tidak hanya fokus pada budaya K-Pop saja melainkan juga memahami budaya negara sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261404

Actions (login required)

View Item View Item