Pengaruh pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial terhadap pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKN di SMA Negeri 1 sidayu / Adinda Amelia Rahmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial terhadap pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKN di SMA Negeri 1 sidayu / Adinda Amelia Rahmawati

Rahmawati, Adinda Amelia (2022) Pengaruh pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial terhadap pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKN di SMA Negeri 1 sidayu / Adinda Amelia Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial merupakan implementasi teori belajar konstruktivisme. Penelitian pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial ini dihubungkan dengan pemahaman materi politik. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan guna membuktikan adanya pengaruh pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial terhadap pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sidayu dan perbedaan pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKn sebelum dan sesudah pengkajian isu-isu politik di media sosial. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian dengan metode quasy experiment. Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Sidayu terpilih sebagai responden penelitian sejumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran dengan pengkajian isu-isu politik di media sosial terhadap pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Sidayu terlihat dari uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai sig. 0 000 lt 0 05. Mengenai perbedaan pemahaman materi politik siswa dalam mata pelajaran PPKn hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil posttest siswa sebesar 70 34 gt rata-rata hasil pretest siswa sebesar 47 29. Uji paired sample t test juga menunjukan hasil sig. (2 Tailed) 0 000 lt 0 05 artinya bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara hasil pretest dan posttest.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261401

Actions (login required)

View Item View Item