Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi sampai dengan Awal Pasca Pandemi Covid-19 dan Dampak Psikologis yang Dialami oleh Guru di SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi sampai dengan Awal Pasca Pandemi Covid-19 dan Dampak Psikologis yang Dialami oleh Guru di SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo

Aleyda, Dwisita (2022) Penggunaan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi sampai dengan Awal Pasca Pandemi Covid-19 dan Dampak Psikologis yang Dialami oleh Guru di SMP Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Teknologi informasi merupakan teknologi yang menggabungkan komputer dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video. Penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran dapat memudahkan pendidik dan peserta didik dalam menyampaikan dan mempelajari materi pelajaran yakni dengan dibuatnya berbagai materi pembelajaran yang tidak saja berorientasi tekstual, namun juga diperkaya dengan suara dan video. Di era revolusi industri 4.0 saat ini teknologi informasi telah berkembang pesat dan sudah menjadi kebutuhan manusia. Pada masa pandemi dan pasca pandemi covid-19 saat ini teknologi informasi memegang peran penting dari terlaksananya kegiatan belajar mengajar di sekolah, namun masih banyak pendidik yang mengalami kesulitan akan hal tersebut. Kesulitan tersebut salah satunya yaitu penggunaan teknologi informasi dalam pembelajaran yang terdapat di SMP Negeri 1 Wonoayu sehingga sekolah perlu membuat strategi untuk mengatasi permasalahan penggunaan teknologi informasi oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk fasilitas penunjang proses pembelajaran di masa pandemi sampai dengan awal pasca pandemi covid-19 yang ada di sekolah, (2) standar teknologi informasi yang ada di SMP Negeri 1 Wonoayu, (3) strategi sekolah dalam memaksimalkan penggunaan teknologi informasi selama proses pembelajaran di masa pandemi sampai dengan awal pasca pandemi covid-19, (4) strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi sampai dengan awal pasca pandemi covid-19, (5) kesulitan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi selama proses pembelajaran di masa pandemi sampai dengan awal pasca pandemi covid-19, (6) sikap dan perasaan guru ketika pembelajaran terdapat banyak hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di SMP Negeri 1 Wonoayu. Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis gambaran kompleks dari segala peristiwa dan proses yang terkait dengan penggunaan teknologi informasi oleh guru pada pembelajaran di masa pandemi dan pasca pandemi covid-19. Data didapatkan dari teknik wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru dan siswa serta teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data terbagi menjadi 4 tahap kegiatan, diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penrikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu trianggulasi, pengecekan anggota, kecukupan bahan referensi, dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini meliputi (1) Bentuk fasilitas sekolah sebagai penunjang pembelajaran di masa pandemi sampai dengan awal pasca pandemi covid-19, sekolah menyediakan fasilitas mengajar bagi guru berupa aplikasi pembelajaran, perangkat teknologi, wifi, ruangan mengajar, alat untuk rekam vidio dan audio, kegiatan pelatihan serta program pembinaan oleh tim kreatif sekolah sedangkan siswa difasilitasi aplikasi pembelajaran dan wifi, (2) Standar teknologi informasi di SMP Negeri 1 Wonoayu, secara administrasi sekolah telah memiliki fasilitas teknologi informasi yang memenuhi standar untuk melaksanakan pembelajaran. Fasilitas tersebut terdiri dari perangkat LCD proyektor, sound system, CCTV, wifi dan computer, (3) Strategi sekolah dalam memaksimalkan penggunaan teknologi informasi selama proses pembelajaran, sekolah memberlakukan kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh semua guru yaitu seminar dan workshop, diskusi antar guru (MGMPS), kegiatan evaluasi/supervisi, (4) Strategi guru dalam melakukan pembelajaran di masa pandemi sampai dengan awal pasca pandemi covid-19, guru menggunakan metode mengajar flipped learning, tayangan vidio, mengajar secara konvensional melalui aplikasi whatsapp, dan melakukan penilaian dengan memberikan kuis melalui aplikasi selama masa pandemi, sedangkan pasca pandemi guru menggunakan metode flipped learning, blended learning, ceramah, tanya jawab, diskusi kelompok, serta berkolaborasi dengan BK untuk melakukan pembinaan kepada siswa, (5) Kesulitan yang dialami guru terkait pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran yaitu guru tidak tahu cara menggunakan aplikasi pembelajaran dengan baik sehingga pelaksanaan pembelajaran menjadi tidak efektif dan efisien, (6) Sikap dan perasaan guru ketika pembelajaran terdapat banyak hambatan, perasaan yang dirasakan guru adalah cemas, gelisah, kebingungan metode, terbebani dengan media pembelajaran. Sedangkan sikap yang diambil untuk dapat menangani perasaan tersebut adalah dengan mengganti metode pembelajaran, menggunakan media pembelajaran yang menarik, melakukan tanya jawab dengan siswa, pemberian perhatian lebih besar kepada siswa dan membuat sistem penialaian yang lebih baik. Saran penelitian ini yaitu: (1) Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonoayu, melakukan kegiatan evaluasi secara rutin untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi sebagai media pembelajaran yang inovatif dan kreatif. (2) Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonoayu, diharapkan untuk terus mengikuti kegiatan seminar, workshop, MGPM dan kegiatan lain yang sejenis selain program yang telah ada di sekolah untuk meningkatkan kompetensi dan pengembangan skill serta diharapakn mampu untuk meningkatkan dan menumbuhkan motivasi belajar siswa. (3) Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonoayu, diharapkan selalu mengksplor hal-hal baru yang terkait dengan media belajar meskipun sudah berada di masa pasca pandemi karena hal tersebut merupakan salah satu pengembangan pembelajaran. (4) Peneliti lain, dapat dijadikan kelebihan dan kelemahan sebagai acuan atau referensi untuk melakukan riset yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 16 Nov 2022 03:41
Last Modified: 16 Nov 2022 03:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2614

Actions (login required)

View Item View Item