Pengaruh media pembelajaran komedi (komik edukasi digital) terhadap hasil belajar Siswa dalam mata pelajaran PPKN Kelas XI di SMK di Ponegoro Tumpang / Thania Carolline - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh media pembelajaran komedi (komik edukasi digital) terhadap hasil belajar Siswa dalam mata pelajaran PPKN Kelas XI di SMK di Ponegoro Tumpang / Thania Carolline

Carolline, Thania (2022) Pengaruh media pembelajaran komedi (komik edukasi digital) terhadap hasil belajar Siswa dalam mata pelajaran PPKN Kelas XI di SMK di Ponegoro Tumpang / Thania Carolline. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran yakni alat yang digunakan untuk menghubungkan guru dan siswa sehubungan dengan mata pelajaran saat pembelajaran. Penelitian ini memanfaatkan media KOMEDI (Komik Edukasi Digital) ketika pembelajaran. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari (1) perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran KOMEDI dengan hasil belajar menggunakan buku cetak/LKS dan (2) pengaruh penggunaan media KOMEDI (Komik Edukasi Digital) terhadap hasil belajar siswa SMK Diponegoro Tumpang pada mata pelajaran PPKn. Penelitian2ini menggunakan penelitian kuantitatif perencanaan pra eksperimen. Kelas XI Asisten Keperawatan SMK Diponegoro Tumpang sebagai responden. Analisis statistik deskriptif dan inferensial yang sebagai analisis awal penelitian. Hasil uji data memakai IBM SPSS Statistic 22 diperoleh jawaban untuk pertanyaan di tiap rumusan masalah. Pertama nilai rata-rata sebesar 58 39 diperoleh siswa yang menggunakan media pembelajaran KOMEDI. Sedangkan hasil pretest 44 29. Untuk membuktikan lebih lanjut dilakukan uji paired sample t test menghasilkan 0 000 sebagai nilai signifikannya. Adapun 0 000 lebih dari 0 05. Sehingga media pembelajaran KOMEDI dengan media buku cetak/lks memiliki perbedaan dalam mencapai hasil belajar. Kedua berdasarkan hasil uji regresi menghasilkan nilai thitung senilai 5 254 gt ttabel sebesar 2 056 yang berarti media KOMEDI berpengaruh pada hasil belajar. Maka dapat diketahui penggunaan media pembelajaran KOMEDI akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:29
Last Modified: 29 Dec 2022 00:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261393

Actions (login required)

View Item View Item