Peranan Kepala Desa dalam meningkatkan kualitas kinerja perangkat Desa (staf umum) di Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Defi Mainia - Repositori Universitas Negeri Malang

Peranan Kepala Desa dalam meningkatkan kualitas kinerja perangkat Desa (staf umum) di Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Defi Mainia

Mainia, Defi (2020) Peranan Kepala Desa dalam meningkatkan kualitas kinerja perangkat Desa (staf umum) di Desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang / Defi Mainia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kinerja perangkat desa Kauman dalam penelitian ini diukur dari beberapa aspek yaitu 1) Aspek kuantitas yaitu Pencapaian target kerja dan Kecepatan penyelesaian pekerjaan yang mampu mencapai 50% dari target 2) Aspek kualitas prosedur yang berlaku tertera di kantor Desa. 3) Aspek Tanggungjawab yaitu ketepatan waktu dan ketepatan penyelesaian pekerjaan perangkat desa masih lemah 4) Efektivitas kantor desa Kauman berkoordinasi dengan kecamatan sebanyak 2-3 kali sehingga kurang efektif. 5) Kemandirian staf kantor desa Kauman sering meminta bantuan kepada staf yang lain dalam menyelesaikan tugasnya. Peranan kepala desa dalam meningkatkan kinerja perangkat desa antara lain 1) pembinaan melalui rapat staf 2) pengawas kinerja perangkat desa 3) teladan bagi perangkat desa melalui kedisiplinan waktu dan kedisiplinan kerapian berseragam 4) motivator bagi perangkat desa melalui memberikan umpan balik atas kinerja yang dilakukan perangkat desa. Kendala yang Dialami dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kinerja Perangkat Desa Kauman diantaranya 1) Kurangnya proses dan sarana Komunikasi 2) Minimnya pendidikan dan kinerja lambat 3) Rendahnya partisipasi masyarakat. Solusi yang dilakukan sebagai berikut 1) Perangkat dapat memanfaatkan teknologi secara maksimal 2) Pelatihan dan pendidikan dalam bentuk penilaian kinerja dan menempatkan SDM sesuai dengan kemampuan. Kinerja perangkat desa Kauman yang maksimal tidak terlepas dari peran berbagai pihak diantaranya adalah masayarakat yang diharapkan dapat lebih aktif dalam mengurus surat kependudukan. Pihak Perangkat Desa Kauman yang perlu meningkatkan kedisiplinan dan kompetensi. Pihak terakhir adalah Kepala Desa sebagai pemimpin pemerintah desa. Penilitian ini berdasarkan kondisi saat ini di dalam pemerintahan desa Kauman Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang dengan beberapa kendala yang peniliti hadapi. Bagi Peneliti Selanjutnya diharapkan bisa meminimalisir kendala yang dialami peneliti untuk hasil penelitian lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/261392

Actions (login required)

View Item View Item