Isolasi promotor gen beta actin (b-actin) ikan gurami (Oshpronemus gouramy Lac.) / Nuning Winaris - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi promotor gen beta actin (b-actin) ikan gurami (Oshpronemus gouramy Lac.) / Nuning Winaris

Winaris, Nuning (2010) Isolasi promotor gen beta actin (b-actin) ikan gurami (Oshpronemus gouramy Lac.) / Nuning Winaris. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winaris Nuning. 2009. Isolasi Promotor Gen Beta-actin ( 946 -actin) Ikan Gurami (Osphronemus gouramy Lac.). Skripsi Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Dwi Listyorini M.Si D.Sc (II) Dr. Endang Suarsini M.Ked. Kata-kata kunci ikan gurami promotor gen beta-actin ( 946 -actin) Ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.) merupakan salah satu ikan yang memiliki tingkat konsumsi tinggi. Namun pertumbuhan ikan gurami relatif lebih lambat dari pada spesies ikan air tawar lainnya. Untuk mencapai bobot konsumsi (kurang lebih 700 g) dibutuhkan waktu sekitar 3 tahun. Umur ikan gurami sendiri dapat mencapai 10 tahun. Promotor gen 946 -actin telah diisolasi dari beberapa jenis ikan dan dilaporkan sebagai regulator dengan aktivitas tinggi dalam mengatur ekspresi transgen pada ikan transgenik. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi promotor gen 946 -actin ikan gurami dengan harapan selanjutnya dapat dimanfaatkan dalam penerapan rekayasa genetika untuk perbaikan dan pengembangan kualitas ikan gurami khususnya di dalam negeri. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif untuk mencari sekuen promotor 946 -actin ikan gurami. Sekuen promotor gen 946 -actin ikan gurami diisolasi dengan menggunakan metode amplifikasi PCR dengan primer yang dirancang berdasarkan primer yang digunakan untuk isolasi 946 -actin ikan nila dengan acuan gen 946 -actin dari ikan common carp dan Japanese medaka (Hwang dkk. 2002). Primer forward yang digunakan adalah 5 -CCGCGGGTGWGTGACGCTGGAC CAATC- 3 dan reverse 5 -CCATGTCATCCCAGTTGGTCACAA- 3. Dari hasil sequencing diketahui bahwa dengan sepasang primer ternyata belum mampu mengisolasi seluruh sekuen gen 946 -actin ikan gurami secara utuh selain itu masih banyak bagian dari sekuen forward dan reverse yang mengalami error reading. Hasil analisis menunjukkan bahwa sekuen hasil amplifikasi PCR merupakan bagian dari gen 946 -actin ikan gurami (Osphronemus gouramy Lac.). Melalui analisis lebih lanjut diduga terdapat sekuen promotor pada ujung dan pangkal hasil amplifikasi dengan primer forward dan reverse. Masih diperlukan amplifikasi PCR dengan menggunakan primer-primer internal untuk memperoleh sekuen promotor 946 -actin yang utuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26138

Actions (login required)

View Item View Item