Analisis KTSP kombinasi standar nasional dengan Cambridge International Primary Program (CIPP) pada mata pelajaran sains di SD Laboratorium UM / Panca Oktawirani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis KTSP kombinasi standar nasional dengan Cambridge International Primary Program (CIPP) pada mata pelajaran sains di SD Laboratorium UM / Panca Oktawirani

Oktawirani, Panca (2010) Analisis KTSP kombinasi standar nasional dengan Cambridge International Primary Program (CIPP) pada mata pelajaran sains di SD Laboratorium UM / Panca Oktawirani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan dan perubahan dunia menjadikan sekolah sebagai institusi pendidikan dituntut untuk terus aktif dan inovatif dalam melaksanakan pendidikan. Dasar hukum dari keleluasaan satuan pendidikan untuk mengembangkan dan menerapkan bentuk dan proses pembelajaran tertera dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang mengamanatkan tersusunnya kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menegah yang disebut dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Salah satu bentuk implementasi KSTP yang dikembangkan sekolah adalah kombinasi Standar Nasional dan Cambridge International Primary Program (CIPP) oleh SD Laboratorium UM. Perpaduan dua standar yaitu Standar Nasional dan CIPP berpengaruh terhadap bentuk silabus yang disusun sekolah khususnya dalam mata pelajaran Sains. Tujuan dari penelitian adalah 1) mengidentifikasi tahap-tahap proses pengembangan KTSP kombinasi Standar Nasional dengan CIPP pada mata pelajaran Sains di SD Laboratorium UM 2) mendeskripsikan bentuk silabus KTSP Kombinasi Standar Nasional dengan CIPP pada mata pelajaran Sains di SD Laboratorium UM 3) mendeskripsikan hal-hal yang dapat dipelajari dari proses pengembangan KTSP kombinasi Standar Nasional dengan CIPP pada mata pelajaran Sains di SD Laboratorium UM. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2009. Lokasi penelitian berada di SD Laboratorium UM Jl Bogor No 19 Malang. Data yang di diambil yaitu tahap proses pengembangan KTSP dan contoh silabus kelas III ICP mata pelajaran. Teknik pengumpulan data tahap proses pengembangan KTSP dengan menggunakan instrumen lembar pedoman wawancara sedangkan teknik pengumpulan data bentuk silabus Sains dengan menggunakan lembar analisis dokumen KTSP dan penilaian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap proses pengembangan KTSP terdiri dari dua tahap yaitu tahap sosialisasi KTSP yang meliputi tahap perencanaan rintisan dan desiminasi. Tahap pengembangan silabus meliputi tahap penyusunan diskusi review dan revisi dan finalisasi. Bentuk silabus Sains SD Laboratorium meliputi komponen identitas SK (Standard Competence) KD (Base Competence) IK (Indicator) alokasi waktu (Time Allocation) kegiatan pembelajaran (Teaching and Learning Activities) dan penilaian (Evaluation). Dalam silabus tidak terdapat komponen berupa materi dan sumber belajar. Hal-hal yang dapat dipelajari dari proses pengembangan KTSP kombinasi Standar ii Nasional dengan CIPP pada mata pelajaran Sains di SD Laboratorium UM adalah pihak sekolah harus berinteraksi dengan pihak Cambridge terus mengevaluasi dan memperbaiki dalam penyusunan silabus. Silabus yang disusun merupakan perpaduan dari dua format yaitu Standar Nasional dan CIPP. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar diadakan penelitian lebih lanjut yang mengidentifikasi komponen KTSP yang lain visi dan misi tujuan pendidikan satuan pendidikan kalender pendidikan struktur muatan KTSP dan RPP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26137

Actions (login required)

View Item View Item