Ulfah, Mariya (2009) Penerapan pembelajaran berbasis masalah (PBM) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang / Mariya Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ulfah Mariya. 2009. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar siswa Kelas X SMA Negeri Malang. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono M.Si (II) Dr. Fatchur Rohman M.Si. Kata kunci pembelajaran berbasis masalah (PBM) berpikir kritis hasil belajar. Penelitian ini bertolak dari hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan peneliti sehingga ditemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 5 Malang khususnya Kelas X-3. Salah satun permasalahan tersebut dapat dilihat dari LKS (Lembar Kerja Siswa) yang biasa digunakan siswa sebagai penuntun kegiatan untuk menguji konsep dalam buku atau informasi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X-3 dengan menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam mata pelajaran biologi di SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas X-3 di SMAN 5 Malang dengan jumlah 32 siswa. Setiap siklus PTK terdiri atas perencanaan tindakan pelaksanaan observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara lembar laporan catatan lapangan soal tes angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketercapaian PBM dan kemampuan berpikir kritis serta hasil belajar siswa (ranah kognitif). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase pada kemampuan berpikir kritis setelah tindakan PBM dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Persentase kemampuan berpikir kritis pada hasil karya siswa (laporan) mengalami peningkatan sebesar 15% dari siklus I sebesar 49% ke siklus II sebesar 64%. Hasil belajar siswa untuk ranah kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 13%. Persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II sebesar 83%. Daya serap klasikal siswa juga mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus I daya serap klasikal sebesar 63% dan siklus II sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Sep 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26135 |
Actions (login required)
View Item |