Pengaruh infus daun tapak liman (Elephantopus scaber L.) terhadap struktur epididimis dan konsentrasi sperma mencit (Mus musculus) balb C / Latifah Hanim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh infus daun tapak liman (Elephantopus scaber L.) terhadap struktur epididimis dan konsentrasi sperma mencit (Mus musculus) balb C / Latifah Hanim

Hanim, Latifah (2010) Pengaruh infus daun tapak liman (Elephantopus scaber L.) terhadap struktur epididimis dan konsentrasi sperma mencit (Mus musculus) balb C / Latifah Hanim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hanim Latifah. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII-A MTs Ma arif Sidomukti Gresik. Skripsi Program Studi Sarjana Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si. Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Motivasi Belajar Hasil Belajar. Hasil observasi dan wawancara dengan siswa dan guru bidang studi IPA di MTs Ma arif Sidomukti Gresik di peroleh informasi bahwa proses pembelajaran IPA di kelas masih menggunakan metode ceramah tanya jawab atau membahas Lembar Kerja Siswa (LKS). Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dan kurang menimbulkan motivasi dalam diri siswa untuk belajar IPA. Pada hasil belajar siswa juga menunjukkan bahwa masih ada siswa yang sering mengikuti remidi karena skor yang di peroleh kurang memenuhi Standar Ketuntasan Minimum (SKM) yang ditetapkan di MTs Ma arif Sidomukti Gresik yaitu 65%. Maka dilakukan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VIII-A semester gasal tahun ajaran 2008/2009 MTs Ma arif Sidomukti Gresik yang berjumlah 36 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Ma arif Sidomukti Gresik pada materi pokok sistem pernapasan dan sistem peredaran darah manusia dan hewan. Data yang diperoleh berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase motivasi belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar siswa diukur dengan membandingkan skor tes sebelum tindakan dengan skor tes dalam tindakan siklus I dan siklus I dengan siklus II serta ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar angket motivasi belajar IPA lembar observasi motivasi belajar siswa angket respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan catatan-catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-A MTs Ma arif Sidomukti. Motivasi belajar pada siklus I 62 86% dengan kategori cukup meningkat menjadi 73 22% dengan kategori cukup pada siklus II. Hasil belajar pada siklus I berupa skor rata-rata kelas sebesar 79 40 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88 57% meningkat menjadi 85 63 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 100% pada siklus II. Kesimpulan ini tentunya tidak bisa digeneralisasikan pada siswa yang lain. Maka dari itu demi tercapainya motivasi dan hasil belajar lebih baik pihak sekolah atau pihak lain dapat mencoba atau melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26133

Actions (login required)

View Item View Item