Uji penambahan kotoran sapi ke dalam limbah cair tapioka terhadap proses dan produk biogas yang dihasilkan / Tito Nur Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Uji penambahan kotoran sapi ke dalam limbah cair tapioka terhadap proses dan produk biogas yang dihasilkan / Tito Nur Afandi

Afandi, Tito Nur (2010) Uji penambahan kotoran sapi ke dalam limbah cair tapioka terhadap proses dan produk biogas yang dihasilkan / Tito Nur Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afandi Tito Nur. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan Peta Pikiran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X-4 SMAN 3 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Soedjono Basoeki M.Pd (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si Kata kunci model pembelajaran kooperatif jigsaw peta pikiran motivasi belajar hasil belajar Berdasarkan observasi saat kegiatan PPL di SMA Negeri 3 Malang tanggal 31 Januari 2009 5 7 12 dan 14 Februari 2009 kendala utama yang ditemukan selama proses pembelajaran Biologi di kelas X-4 SMAN 3 Malang adalah motivasi belajar siswa rendah aktivitas belajar kurang dan ketuntasan belajar klasikal siswa pada pokok bahasan keanekaragaman hayati hanya 46 9%. Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar karena menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok kecil yang mendorong dan membantu siswa dalam menguasai materi yang akan disajikan serta menumbuhkan kesadaran bahwa belajar itu penting bermakna dan menyenangkan. Selain itu dengan menggunakan peta pikiran siswa akan mudah mengingat mendapatkan ide menghemat waktu berkonsentrasi memahami dan menyerap informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-4 SMAN 3 Malang melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan peta pikiran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus siklus I terdiri atas tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri atas dua pertemuan penelitian ini dilaksanakan pada 31Januari 2009 sampai dengan 2 Mei 2009 pada semester genap tahun ajaran 2008-2009. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-4 SMAN 3 Malang yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki pada pokok bahasan animalia. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa yang diperoleh melalui observasi selama penelitian sedangkan data hasil belajar siswa pada ranah kognitif diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal yang diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes lembar observasi motivasi lembar observasi kegiatan guru mengajar angket respon siswa terhadap model pembelajaran dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan peta pikiran adalah (1) pada siklus I belum berjalan lancar tetapi pada siklus II sudah berjalan lancar (2) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dari 77 5% menjadi 94 1% (3) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari 46 9% sebelum pemberian tindakan menjadi 53 1% setelah siklus I dan 90 6% setelah siklus II. Disarankan bahwa guru dapat menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan peta pikiran pada pokok bahasan yang lain (selain animalia) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26132

Actions (login required)

View Item View Item