Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN Taman Madya Malang / Siska Nur Kusumawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN Taman Madya Malang / Siska Nur Kusumawati

Kusumawati, Siska Nur (2010) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMAN Taman Madya Malang / Siska Nur Kusumawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumawati Siska Nur. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI-IPA SMA Taman Madya Malang. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Soedjono Basuki M.Pd (II) Nuning Wulandari M.Si. Kata kunci Cooperative Script aktivitas hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi tanggal 26 November 2008 dan 9 Desember 2008 terdapat beberapa hal yang peneliti temukan antara lain di SMA Taman Madya Malang menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) kelas X XI XII dan metode yang digunakan sudah bervariasi antara lain belajar kelompok dan praktikum namun guru masih terbiasa dengan metode ceramah sehingga meskipun belajar kelompok guru masih mendominasi pembelajaran. Akibatnya siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta pemahaman dan penguasaan konsep siswa masih kurang sehingga banyak siswa yang hasil belajarnya masih dibawah standar ketuntasan belajar minimal yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu perlunya dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa salah satunya dengan penerapan model pembelajaran cooperative script. Melalui penerapan model pembelajaran tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa XI-IPA SMA Taman Madya Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan model pembelajaran cooperative script pada materi sistem ekskresi yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan setiap siklus terdiri atas 3 kali pertemuan dengan setiap siklus selama 5 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas XI-IPA semester genap tahun ajaran 2008-2009 SMA Taman Madya Malang yang berjumlah 16 siswa terdiri 9 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa catatan lapangan. Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan rata-rata nilai akhir yang diperoleh dari nilai proses dan produk belajar siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi aktivitas siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa yakni dengan peningkatan rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan taraf keberhasilan tindakan dari 52 1% (kurang) pada siklus I menjadi 78 2% (baik) pada siklus II. Peningkatan ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa meningkat dari rata-rata nilai hasil belajar siklus I sebesar 63 3 meningkat menjadi 79 3 dengan ketuntasan belajar siswa 37 5% pada siklus I meningkat menjadi 93 8% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan model pembelajaran cooperative script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas XI-IPA SMA Taman Madya Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26131

Actions (login required)

View Item View Item