Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Rila Sidika Shofiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Rila Sidika Shofiana

Shofiana, Rila Sidika (2010) Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang tahun ajaran 2008/2009 / Rila Sidika Shofiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shofiana Rila Sidika. 2008. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Soedjono Basoeki M.Pd. (II) Dra. Amy Tenzer M.S. Kata Kunci pembelajaran kooperatif cooperative script motivasi hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Biologi diketahui bahwa secara umum siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang kurang memiliki motivasi belajar dan hasil belajar siswa juga masih rendah. Kesulitan yang dihadapi oleh guru ketika kegiatan pembelajaran adalah siswa terlalu ramai dan kurang memperhatikan pelajaran siswa kurang antusias terhadap materi minat baca kurang dan siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya di depan kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model pembelajaran Cooperative Script. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa X-1 SMA Negeri 8 Malang semester genap 2008/2009 yang berjumlah 41 siswa dengan materi Animalia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2009. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi lembar observasi keterlaksanaan tindakan guru tes akhir siklus angket siswa wawancara dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang. Motivasi belajar klasikal mengalami peningkatan dari 60% (tingkat keberhasilan baik) pada siklus I menjadi 76 31 (tingkat keberhasilan sangat baik) pada siklus II dengan perincian sebagai berikut aspek minat mengalami peningkatan sebesar 10 98% keaktifan sebesar 12 19% usaha sebesar 12 20% konsentrasi sebesar 24 82% dan efisiensi kerja sebesar 25 61%. Keberhasilan belajar klasikal dari siklus I sebesar 68 29% meningkat menjadi 80 49% pada siklus II. Berdasarkan jawaban angket siswa diketahui bahwa model pembelajaran Cooperative Script dapat membangkitkan minat keaktifan usaha konsentrasi dan efisiensi kerja siswa dalam belajar biologi di kelas. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X-1 SMA Negeri 8 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26130

Actions (login required)

View Item View Item