Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pujon dengan kemampuan akademik yang berbeda / Rudi Yulianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pujon dengan kemampuan akademik yang berbeda / Rudi Yulianto

Yulianto, Rudi (2009) Pengaruh penerapan strategi pembelajaran think pair share (TPS) terhadap keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir, dan pemahaman konsep siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pujon dengan kemampuan akademik yang berbeda / Rudi Yulianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Yulianto Rudi. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Keterampilan Metakognitif Kemampuan Berpikir dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pujon dengan Kemampuan Akademik yang Berbeda. Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. A.D Corebima M.Pd (II) Prof Dra. Herawati Susilo M.Sc. Ph.D. Kata kunci TPS keterampilan metakognitif kemampuan berpikir pemahaman konsep kemampuan akademik Kegiatan belajar yang dilaksanakan di sekolah dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses mencapai tujuan pembelajaran tersebut banyak hal yang patut diperhatikan oleh guru. Kebanyakan guru hanya mementingkan aspek kognitif yaitu pemahaman konsep saja dan melupakan aspek lain yang harus dikembangkan dalam diri siswa. Aspek yang harus dikembangkan dalam diri siswa yakni kemampuan berpikir dan keterampilan metakognitif siswa. Bila siswa memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik tentunya materi akan dapat dicerna dengan baik dan siswa dapat dengan lebih mudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Siswa dengan keterampilan metakognitif yang baik akan mampu menjadi pebelajar yang mandiri. Siswa mampu merencanakan memonitor dan mengevaluasi dirinya sendiri dalam kegiatan belajarnya sendiri. Selain kedua hal di atas dalam kelas yang baik terdapat siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah. Diupayakan guru dapat dengan baik memberdayakan siswa berkemampuan akademik rendah sehingga memiliki hasil belajar yang sejajar dengan siswa berkemampuan akademik tinggi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Pujon selama semester gasal 2007/2008. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Pujon Kelas VII tahun ajaran 2007/2008. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen. Siswa kelas VIIA terdiri atas 32 orang sedangkan siswa kelas VII E terdiri dari 35 orang. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian control group pre test post test. Data keterampilan metakognitif yang diperoleh dari hasil pre tes dan post tes dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik Anava sedangkan data keterampilan metakognitif yang diperoleh dengan instrumen inventori data kemampuan berpikir dan data pemahaman konsep dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Anakova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran TPS memiliki keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir yang lebih baik daripada siswa yang diajar dengan strategi konvensional. Rerata keterampilan metakognitif akhir kelas eksperimen sebesar 66 7 sedangkan kelas kontrol sebesar 53 67. Rerata kemampuan berpikir akhir kelas eksperimen sebesar 42 09 sedangkan kelas kontrol 36 45. Antara siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah tidak ada perbedaan keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikirnya. Hal ini menunjukkan kalau strategi Generated by Foxit PDF Creator Foxit Software http //www.foxitsoftware.com For evaluation only. pembelajaran yang dipakai mampu memberdayakan siswa berkemampuan akademik rendah sehingga setara dengan siswa berkemampuan akademik tinggi. Pemahaman konsep siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran TPS lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan strategi konvensional. Siswa berkemampuan akademik tinggi yang diajar dengan strategi pembelajaran TPS mengalami kenaikan pemahaman konsep sebesar 200 49% sedangkan yang berkemampuan akademik rendah sebesar 216 67%. Pada kelas kontrol siswa berkemampuan akademik tinggi mengalami kenaikan pemahaman konsep sebesar 104 18% sedangkan siswa berkemampuan akademik rendah sebesar 115 38%. Siswa dengan kemampuan akademik tinggi memiliki pemahaman konsep yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh terlihat bahwa strategi pembelajaran TPS dapat diandalkan dalam rangka meningkatkan keterampilan metakognitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep. Melihat fakta yang telah ditunjukkan maka diharapkan guru dapat menerapkan penggunaan strategi pembelajaran TPS dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Selain itu pada penelitian ini strategi pembelajaran yang dipakai adalah strategi pembelajaran TPS maka dapat dicobakan strategi pembelajaran lain untuk mengetahui pengaruhnya terhadap keterampilan metakogitif kemampuan berpikir dan pemahaman konsep siswa pada siswa dengan kemampuan akademik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26124

Actions (login required)

View Item View Item