Penerapan hands on activity dan metode example non example dalam pembelajaran sel dan jaringan tumbuhan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Diponegoro Tumpang / Dyah Anggraeni

Anggraeni, Dyah (2009) Penerapan hands on activity dan metode example non example dalam pembelajaran sel dan jaringan tumbuhan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMA Diponegoro Tumpang / Dyah Anggraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggraeni, Dyah. 2008. Penerapan Hands On Activity Dan Metode Example Non Example Dalam Pembelajaran Sel dan Jaringan Tumbuhan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa di SMA Diponegoro Tumpang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D. (II) Dr. Agr. Moch Amin S.Pd., M.Si. Kata kunci: aktivitas, hands on activity, hasil belajar, metode example non example. Berdasarkan hasil observasi di SMA Diponegoro Tumpang, dapat diketahui bahwa kondisi siswa SMA Diponegoro Tumpang kurang menyukai pelajaran Biologi. Mereka berpendapat bahwa pelajaran Biologi cenderung lebih menghafal dan metode pembelajaran yang sering digunakan adalah ceramah dan metode tanya-jawab, sehingga menimbulkan kebosanan. Kebosanan ini timbul karena siswa kurang berperan aktif dalam proses belajar mengajar sehingga berdampak terhadap hasil belajar Biologi. Berdasarkan kondisi tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan untuk (1) mengetahui apakah pembelajaran biologi dengan menerapkan hands on activity dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Diponegoro Tumpang (2) mengetahui apakah pembelajaran biologi dengan menerapkan hands on activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Diponegoro Tumpang (3) mengetahui apakah pembelajaran biologi dengan menerapkan metode example non example dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA Diponegoro Tumpang (4)mengetahui apakah pembelajaran biologi dengan menerapkan metode example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Diponegoro Tumpang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis kualitatif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) aktivitas belajar siswa setelah mengikuti kegiatan hands on activity mengalami peningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut skor klasikal siklus I dan II adalah 75,92% dan 83,32%, 2) hasil belajar kognitif siswa yang diukur dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut persentase ketuntasan belajar klasikal siklus I dan II adalah 77,14% dan 85,71%. 3) hasil belajar ranah afektif siswa yang diukur dengan ratarata nilai mengalami peningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut rata-rata nilai siklus I dan II adalah 86,42% dan 88,42%. Hasil belajar ranah psikomotor yang diukur dengan rata-rata nilai klasikal mengalami peningkatan. Secara berturut-turut siklus I dan II adalah 84,08% dan 86,66%. 3) aktivitas belajar siswa setelah mengikuti metode example non example mengalami peningkatan dari siklus I ke II. Secara berturut-turut skor klasikal siklus I dan II adalah 77,77% dan 89,81%, Penerapan hands on activity dan metode example non example dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dalam hal ini hands on activity merupakan stimulus bagi siswa untuk aktif selama proses 1 pembelajaran. Respons siswa ditunjukkan oleh meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Selama mengikuti kegiatan hands on activity siswa bekerja secara langsung dengan melakukan dan mengamati sendiri. Menurut Dale semakin konkrit informasi yang diterima maka akan semakin besar kemungkinan untuk diserap oleh penerima informasi. Sehingga dengan hands on activity maka informasi yang diterima oleh siswa akan menjadi ingatan yang setia dan tidak mudah terlupakan. Metode example non example adalah taktik untuk mengajarkan konsep, metode ini memicu siswa untuk aktif selama PBM yaitu dengan turut aktif dalam mengklasifikasikan contoh dan non-contoh. Hasil belajar yang dapat diukur melalui metode example non example adalah penguasaan konsep oleh siswa yang ditandai dengan kemampuan dalam memberikan atribut dari suatu konsep. Penerapan hands on activity dan metode example non example ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI SMA Diponegoro Tumpang, amun pada pelaksanaan pembelajaran, guru harus dapat mengelola kelas secara merata sehingga seluruh siswa memperoleh perhatian yang sama dan akhirnya dapat meningkatkan indikator aktivitas dan hasil belajar yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26120

Actions (login required)

View Item View Item