Sakdiyah, Halimatus (2009) Pengembangan modul pembelajaran biologi kompetensi dasar transportasi membran kelas XI berbasis learning cycle di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang / Halimatus Sakdiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran secara konvensional membuat siswa merasa bosan di kelas sebab siswa tidak aktif di kelas siswa hanya menerima informasi saja dari guru. Guru kurang memperhatikan perbedaan-perbedaan yang ada pada siswanya. Dengan adanya hal tersebut membuat siswa yang cepat belajar menjadi bosan di kelas sedangkan siswa yang lamban akan semakin sulit mengejar ketertinggalannya. Salah satu upaya untuk memberikan pelayanan individual kepada siswa adalah dengan menggunakan modul. Modul dapat memungkinkan siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masingmasing. Salah satu pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah pembelajaran yang berbasis konstruktivisme dengan model learning cycle 5 fase. Dengan menggunakan media pembelajaran berupa modul yang berbasis learning cycle 5 fase maka siswa dapat belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya masing-masing dan siswa menjadi aktif karena siswa membangun sendiri pengetahuannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul Transportasi Membran dengan model learning cycle 5 fase. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini terdiri dari identifikasi potensi dan masalah pengumpulan informasi desain modul validasi modul revisi modul uji coba modul dan penyempurnaan modul. Validasi dilakukan dua macam yaitu validasi isi dan uji coba produk. Validator terdiri dari 5 orang yaitu ahli media (dosen) ahli materi (dosen) ahli bahasa guru dan siswa. Data yang diperoleh dari pengembangan modul ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan modul iniberupa angket. Untuk menganalisis data kuantitatif yang berupa skor angket penilaian adalah menghitung persentase jawaban. Hasil pengembangan berupa modul yang terdiri dari buku siswa dan buku guru. Materi dalam modul adalah Transportasi Membran yang terdiri dari 4 kegiatan belajar. Masingmasing kegiatan belajar dalam modul terdiri dari 5 fase yaitu Engagement Exploration Explanation Elaboration dan Evaluation. Hasil penilaian dari validator ahli media adalah 82 11% yang berarti cukup valid hasil penilaian dari validator ahli materi adalah 96 47% yang berarti valid hasil penilaian dari validator ahli bahasa adalah 79 51% yang berarti cukup valid hasil penilaian dari validator guru adalah 77 25% yang berarti cukup valid dan hasil penilaain dari validator siswa adalah 84 92% yang berarti cukup valid. Penilaian dari siswa yang diperoleh dari uji coba produk di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang adalah sebesar 71 84% yang berarti cukup valid. Berdasarkan hasil penilaian kegiatan belajar 1 2 3 4 bahwa 70% dari siswa kelas XI IPA SMA Islam Al Maarif Singosari Malang dapat mengerti dan menguasai modul ini maka dapat disimpulkan modul Transportasi Membran dapat digunakan dalam pembelajaran Biologi khususnya materi Transportasi Membran di SMA Islam Al Maarif Singosari Malang. Modul ini perlu dikembangkan dengan materi lain yang lebih menarik dan sempurna dengan model pembelajaran konstruktivisme sehingga dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam penerapan pembelajaran konstruktivisme dan juga dalam penerapan KTSP guru harus tetap menjaga kedisiplinan siswa sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran guru harus membimbing siswa dalam mengkonstruksi konsepnya agar siswa tidak tergesa-gesa melihat uraian materi ketika menemukan kesulitan dalam mengerjakan Lembar Kegiatan Siswa. Demi kesempurnaan modul ini maka sebaiknya modul tidak hanya menyajikan gambar diam saja tetapi juga menggunakan gambar gerak.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26119 |
Actions (login required)
View Item |