Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas X-6 di SMA Negeri 6 Malang / Wiwin Sulfiarini - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas X-6 di SMA Negeri 6 Malang / Wiwin Sulfiarini

Sulfiarini, Wiwin (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas X-6 di SMA Negeri 6 Malang / Wiwin Sulfiarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan di SMA Negeri 6 Malang problem yang ditemukan oleh peneliti dalam proses pembelajaran yaitu rendahnya motivasi dan prestasi belajar biologi sehingga pada Ulangan Harian I lebih dari 45 94% siswa dalam kelas belum tuntas belajar. Metode pembelajaran yang digunakan pada umumnya adalah ceramah sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Proses pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa menjadi jenuh sehingga motivasi belajar siswa rendah yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Untuk mencapai prestasi belajar yang lebih baik diperlukan usaha untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas X-6 di SMA Negeri 6 Malang melalui pembelajaran model TGT (Teams Games Tournament). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2008. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-6 SMA Negeri 6 Malang yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 19 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Pada penelitian ini data yang diperoleh berupa motivasi belajar biologi siswa dengan instrumen penelitian yang berupa lembar observasi motivasi dan catatan lapangan sedangkan prestasi belajar biologi siswa dengan instrumen penelitian yang berupa soal ujian tiap akhir siklus. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan nilai rata-rata persentase lembar observasi belajar biologi siswa sedangkan data prestasi belajar biologi siswa pada ranah kognitif diukur berdasarkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran model TGT (Teams games Tournament) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa. Peningkatan motivasi belajar biologi siswa ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata persentase motivasi belajar biologi siswa yang pada observasi awal dari 50 56 (sangat kurang) menjadi 74 88 (cukup) pada siklus I dan pada siklus II menjadi 84 57 (baik). Peningkatan prestasi belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan ketuntasan belajar siswa pada Ulangan Harian dari 45 94% menjadi 62 16% pada siklus I dan menjadi 81 08% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disarankan kepada guru pengajar bidang studi biologi agar dapat menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams games Tournament) pada kompetensi dasar yang lain dan kepada peneliti lain agar membuat kisi-kisi soal terlebih dahulu untuk membuat soal ulangan yang digunakan untuk membentuk kelompok heterogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26114

Actions (login required)

View Item View Item