Indeks amilolitik bakteri yang diisolasi dari limbah cair pabrik gula Modjopanggoong Tulungagung / Heni Widyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Indeks amilolitik bakteri yang diisolasi dari limbah cair pabrik gula Modjopanggoong Tulungagung / Heni Widyawati

Widyawati, Heni (2010) Indeks amilolitik bakteri yang diisolasi dari limbah cair pabrik gula Modjopanggoong Tulungagung / Heni Widyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gula merupakan komponen pangan yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Aktivitas produksi yang dilakukan oleh pabrik gula tidak terlepas dari limbah padat cair dan gas. Limbah cair yang dibuang langsung ke perairan akan menimbulkan berbagai masalah lingkungan dan berbagai penyakit. Hal tersebut karena dalam limbah banyak terkandung bahan anorganik maupun organik termasuk amilum. Amilum dapat diuraikan dengan bantuan enzim amilase yang dihasilkan oleh bakteri amilolitik menjadi molekul yang lebih sederhana. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh BPPT membuktikan bahwa limbah industri justru bisa menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi yaitu menghasilkan enzim yang bersifat komersial salah satu diantaranya adalah enzim amilase. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui perbedaan indeks amilolitik bakteri 2) mengetahui indeks amilolitik bakteri yang memiliki potensi terbesar dalam menghidrolisis amilum dan 3) mengetahui spesies bakteri amilolitik yang memiliki indeks amilolitik terbesar dalam menghidrolisis amilum yang diisolasi dari limbah cair pabrik gula Modjopanggoong Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2008 di Laboratorium Mikrobiologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif eksploratif yang dirancang dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Isolat bakteri amilolitik yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 9 isolat dengan kode A I J K M Ax Cx Hx dan Ix.yang diperoleh sebelumnya melalui kegiatan PKL (Praktek Kerja Lapangan). Masing-masing isolat kemudian dihitung indeks amilolitiknya. Diantara kesembilan isolat bakteri amilolitik diambil 3 isolat yang memiliki indeks amilolitik terbesar berdasarkan uji ANAVA (Analisis Varian) Tunggal yang bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan bakteri amilolitik dalam menghidrolisis amilum yang dilanjutkan dengan uji BNT 5% dengan tujuan untuk mengetahui bakteri amilolitik yang berpotensi terbesar dalam menghidrolisis amilum. Ketiga isolat bakteri amilolitik yang memiliki indeks amilolitik terbesar kemudian diidentifikasi pada tingkat spesies dengan menggunakan Microbact TM GNB 12A/B/E 24E dan Microbact 24E (12E/ 12A 12B) Identification Kits. Hasil dari penelitian adalah 1) Ada perbedaan indeks amilolitik bakteri yang diisolasi dari limbah cair pabrik gula Modjopanggoong Tulungagung 2) indeks amilolitik bakteri yang berpotensi terbesar dalam menghidrolisis amilum adalah bakteri kode I sebesar 6 263 bakteri kode J sebesar 3 275 dan bakteri kode K sebesar 2 417 3) Spesies bakteri amilolitik yang memiliki indeks amilolitik terbesar adalah isolat bakteri I adalah Actinobacillus sp. isolat bakteri J adalah Pseudomonas stutzeri dan isolat bakteri K adalah Bacillus cereus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26104

Actions (login required)

View Item View Item