Penerapan pembelajaran kooperatif stad dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A MTS Nurul Ulum Malang / Nahruli Irawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif stad dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A MTS Nurul Ulum Malang / Nahruli Irawan

Irawan, Nahruli (2008) Penerapan pembelajaran kooperatif stad dengan pendekatan CTL untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A MTS Nurul Ulum Malang / Nahruli Irawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irawan Nahruli. 2008. Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII-A MTs Nurul Ulum Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sunarmi M.Pd (II) Dra. Sri Rahayu Lestari M.Si Kata-kata kunci kooperatif STAD motivasi hasil belajar biologi. Perkembangan dunia pendidikan menuntut guru untuk mengubah pola pembelajaran yang semula berorientasi pada guru (teacher-center) menjadi pembelajaran yang berorientasi pada siswa (student-center). Dari hasil observasi saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas sekitar 90 % menunjukkan bahwa siswa di kelas VIII-A MTs Nurul Ulum memiliki motivasi dan hasil belajar yang rendah. Di sisi lain siswa tidak memiliki buku pegangan atau LKS (lembar kegiatan siswa) yang dapat menunjang kegiatan belajar siswa di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A di MTs Nurul Ulum Malang setelah diterapkan metode tersebut. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 7 Mei sampai 29 Mei 2008 yang merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-A Nurul Ulum Malang yang berjumlah 20 siswa laki-laki. Data dalam penelitian ini berupa motivasi dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru dan catatan lapangan. Motivasi belajar siswa diukur berdasarkan lembar motivasi belajar siswa untuk setiap siklus dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar siswa diukur berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus serta ketuntasan belajar siswa pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes lembar observasi motivasi siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan motivasi belajar siswa. Rerata persentase keberhasilan motivasi siswa mengalami peningkatan sebanyak 2.4 % dari 2 siklus pembelajaran. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebanyak 10 %. Dari analisis hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif STAD dengan pendekatan CTL dalam 2 siklus belajar mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII-A MTs Nurul Ulum Malang. Peneliti dalam penelitian ini hanya merekam aspek kognitif siswa sehingga perlu pengukuran dari aspek psikomotorik dan afektif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26100

Actions (login required)

View Item View Item